Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Mar 2021 07:42 WIB

TRAVEL NEWS

Percaya Tidak, Koin Emas Ini Laku Dilelang Rp 121 Miliar

Koin emas langka dari tahun 1822 laku dilelang Rp 1,2 Triliun
Foto: Koin emas ini laku dilelang Rp 121 miliar (AP)
Las Vegas -

Sebuah koin emas kuno yang dibuat tahun 1822 laku dilelang di Las Vegas, AS. Koin langka itu berhasil terjual dengan harga fantastis, mencapai Rp 121 miliar.

Koin emas merupakan alat tukar yang sah digunakan pada zaman dulu. Koin emas itu pun termasuk barang koleksi yang langka sehingga menjadi buruan para kolektor benda antik. Tak heran jika harganya melambung tinggi.

Yang terbaru, koin emas 1822 Half Eagle dengan nilai USD 5 laku dijual dalam sebuah acara lelang dengan harga yang bikin geleng-geleng kepala. Ada orang yang menebus koin langka tersebut dengan nilai USD 8,4 juta (setara Rp 121 miliar). Wow!

Dilansir detikTravel dari AP, Selasa (30/3/2021), Douglas Mudd kurator dan Direktur Museum Uang Edward C. Rochette, mengatakan koin emas tersebut hanya ada satu dari 3 koin yang ada dan pernah dibuat.

Menurut Mudd, koin yang laku dilelang itu merupakan koin termahal kedua yang pernah dilelang di seantero Amerika Serikat. Rekor koin termahal dipegang oleh koin 'Flowing Hair buatan tahun 1794 yang terbuat dari perak.

"Koin emas kuno seharga Rp 121 miliar itu merupakan koleksi dari D. Brent Pogue. Sedangkan, pembelinya ingin agar identitasnya tetap dirahasiakan," kata Jarrod Holland, juru bicara Stack's Bower Galleries, tuan rumah dari acara lelang tersebut.

Holland pun membenarkan keterangan dari Douglas Mudd. Menurut Hollan, dua koin Half Eagle buatan tahun 1822 lainnya merupakan koleksi dari Koleksi Numesmatik Nasional Institut Smithsonian.

Hanya ada satu yang berada di tangan umum dan koin itulah yang laku dilelang Rp 121 miliar. Koin tersebut pertama kali dijual oleh kolektor pada tahun 1945. Pogue sendiri baru membeli koin itu di tahun 1982.



Simak Video "DPR AS Kritik Keras Biden Terkait Penanganan Situasi Afghanistan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA