Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Apr 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Meksiko Tutup Situs Arkeologi Gegara.. Turis Tak Pakai Masker

Meksiko Tutup Situs Sejarah Gegara.. Turis Tak Pakai Masker
Chichen Itza (Jon G. Fuller/VW Pics/Universal Images Group/Getty Images)
Jakarta -

Mengenakan masker menjadi benda wajib untuk dipakai di manapun, begitu pula tempat wisata. Tapi, traveler di Meksiko santuy enggak memakainya.

Dikutip dari Assosiated Press oleh detikTravel, Minggu (4/4/2021), pejabat kepala polisi negara pantai Karibia Quintaan Roo berpatroli di jalan-jalan resor Tulum. Mereka bertugas mengingatkan orang-orang untuk mematuhi protokol kesehatan.

Namun, pihak berwenang semenanjung Yucatan Meksiko tersebut mengeluh karena banyak turis yang tak kenakan masker. Padahal, Meksiko sedang bersiap untuk lonjakan wisatawan saat libur paskah.

Gegara ulah turis itu, pejabat Meksiko memutuskan menutup situs arkeologi yang paling populer di negara itu mulai 1 hingga 4 April 2021.

"Sangat disayangkan melihat betapa tidak disiplinnya hal ini," kata Pejabat Kepala Polisi di Quintana Roo Lucio Hernandez Gutierrez.

"Sungguh frustrasi melihat ratusan orang berjalan-jalan tanpa masker," dia menambahkan.

Menurut Hernandez, sangat memalukan jika turis haris diminta untuk memakai masker. Padahal, seharusnya semua harus sudah menyadari risiko yang dihadapi.

Situs arkeologi yang tutup tersebut adalah Chichen Itza, kota pra-Colombus besar yang dibangun oleh bangsa Maya. Destinasi ini adalah situs yang paling banyak dikunjungi di Meksiko yang biasanya menarik hingga 1,8 juta pengunjung setiap tahun.

Sebelumnya, pejabat Meksiko menutup situs Chichen Itza pada awal 2020. Lalu kawasan wisata ini dibuka kembali dengan protokol kesehatan, yaitu pembatasan kapasitas, pemeriksaan suhu dan persyaratan pemakaian masker pada bulan September.

Meksiko memiliki 2,23 juta kasus Corona hingga kini, dengan 1,77 juta orang sembuh dan 203 ribu meninggal dunia. Rata-rata penambahan kasus 7 harinya adalah 4.267.



Simak Video "Hasil Simulasi Superkomputer Jepang, Pakai Dua Masker Kurang Efektif"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA