Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Apr 2021 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Lukisan Van Gogh Dicuri dari Museum, Tersangkanya Berhasil Tertangkap

Lukisan Van Gogh Dicuri dari Museum Singer Laren, tersangkanya ditangkap
Foto: Lukisan karya Van Gogh yang dicuri (AP)
Amsterdam -

Salah satu lukisan karya maestro Vincent Van Gogh dicuri dari sebuah museum di Amsterdam. Beruntung, tersangka pencurinya berhasil ditangkap polisi.

Lukisan Van Gogh yang dicuri itu berjudul 'The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884', yang menampilkan seorang pria berdiri di sebuah taman yang dikelilingi oleh pepohonan, dengan menara gereja sebagai latar belakangnya.

Lukisan itu sangatlah berharga dan tak kalah ikonik dengan lukisan karya Vincent Van Gogh lainnya. Lukisan dengan ukuran 25 x 57 centimeter itu dicuri dari Museum Singer Laren di sebelah timur Amsterdam pada 30 Maret 2021 silam.

Saat pencurian terjadi, Museum Singer Laren tengah ditutup karena kebijakan lockdown yang diberlakukan pemerintah Belanda. Pencuri itu diketahui memecahkan pintu kaca museum, memaksa masuk, lalu mengambil lukisan karya Van Gogh itu.

Namun akhirnya, sang pencuri berhasil ditangkap oleh kepolisian Belanda. Pencuri itu ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya di kota Baarn, sekitar 40 kilometer di sebelah tenggara Amsterdam. Kota dimana tersangka tinggal sendiri hanya berjarak 10 kilometer dari Museum Singer Laren berada.

Lukisan Van Gogh Dicuri dari Museum Singer Laren, tersangkanya ditangkapMuseum Singer Laren Foto: AP

Juru Bicara Museum Singer Laren, Esther Driessen menyambut baik tertangkapnya tersangka kasus pencurian itu. Dia berharap, penangkapan itu bisa berujung pada penemuan lukisan Van Gogh yang ternyata masih 'menghilang'.

"Yang terpenting adalah, lukisan itu bisa kembali secepat mungkin ke museum Groninger, dimana ia seharusnya berada," kata Driessen, seperti dikutip dari AP, Sabtu (10/4/2021).

Lukisan Vincent Van Gogh itu memang bukan koleksi asli dari Museum Singer Laren, melainkan hanya pinjaman saja dari Museum Groninger. Pinjam meminjam koleksi seni adalah praktek lazim yang dilakukan oleh museum-museum di Eropa.

Sementara itu, juru bicara kepolisian Belanda Maren Wonder menyebut tersangka pencurian itu adalah seorang pria berusia 58 tahun. Identitasnya masih dirahasiakan oleh polisi.

"Sayangnya, kami masih belum menemukan dimana lukisan itu berada dan investigasi masih akan terus berlangsung. Tapi penangkapan ini adalah langkah yang sangat penting dalam investigasi kasus ini," pungkas Wonder.



Simak Video "Detik-detik Pria Berjaket Ojol Curi Motor di Masjid Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA