Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Apr 2021 22:13 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik! Traveler Bisa Tur Keliling Bandara Internasional Yogyakarta

Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini membuka layanan tur wisata keliling bandara.
Angkasa Pura 1 membuka tour wisata di Bandara Internasional Yogyakarta Foto: Jalu Rahman Dewantara
Kulon Progo -

Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini membuka layanan tur wisata keliling bandara. Dalam tur ini peserta diajak melihat langsung seluruh fasilitas dan sarana prasarana yang ada di YIA.

Tur yang diberi nama Discover YIA itu diluncurkan pada Senin (12/4/2021). Tur ini dihadirkan PT Angkasa Pura 1 selaku pengelola YIA untuk mengakomodir masyarakat yang ingin mengenal lebih dekat bandara tersebut.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji mengatakan YIA dibangun tidak hanya sebagai bandara, tetapi juga identitas Jogja. Hal ini karena adanya infrastruktur khas Jogja di bandara tersebut, seperti replika Taman Sari, Plengkung Ganding, hingga Pasar Kota Gede.

"Tetapi itu semua belum bisa dinikmati masyarakat umum, sehingga dengan adanya Discover YIA, kita bisa bercerita lebih banyak tentang apa yang dimiliki oleh Jogja lewat bandara ini," kata Devy di sela-sela tur Discover YIA, Senin sore.

Selain itu, lanjut Devy, Discover YIA juga sebagai sarana edukasi terkait kebandaraan. Peserta tur bakal mendapat pengetahuan mengenai hal-hal terkait kegiatan penerbangan yang disampaikan oleh Tour Guide. "Dengan cara ini masyarakat dapat belajar tentang bandara dan seluk beluknya," ujarnya.

Tur diawali dengan berjalan kaki menjelajahi gedung terminal keberangkatan bandara, mulai dari zona check-in sampai dengan ruang tunggu penumpang. Dalam perjalanan itu tour guide akan bercerita tentang sejarah pembangunan Bandara YIA dan Kulon Progo. Peserta juga diajak melihat pelbagai fasilitas penunjang bandara seperti alat deteksi gempa dan tsunami, Science Corner dan lain sebagainya.

Tuntas berkeliling terminal, peserta kemudian diajak menyusuri Air Side bandara, meliputi runway, taxiway dan apron menggunakan bus berkecepatan rendah. Bus berkapasitas hingga 20 orang itu melaju dari terminal keberangkatan ke ujung timur landasan pacu kemudian ke arah barat, lalu kembali lagi ke titik keberangkatan.

Dalam perjalanan ini, bus akan berhenti di sejumlah titik, salah satunya Fire Station YIA. Gedung itu merupakan tempat berkumpulnya Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), yakni unit yang bertugas menjaga keselamatan para pengguna jasa penerbangan.

Untuk bisa menikmati Discover YIA, AP 1 mematok tarif sebesar Rp85.000 per orang. Sebagai catatan tarif ini berlaku empat bulan terhitung sejak pertama kali launching. Setelah masa promosi habis, nantinya tarif yang diberlakukan Rp200.000. Dengan harga itu peserta akan menjalani tur selama dua jam, dan mendapat sejumlah fasilitas seperti makan, kartu petunjuk tur dan rompi bandara.

Salah satu peserta tur Renny Soviahani, 51, mengatakan tur ini m membuka wawasan bagi masyarakat terkait dengan bandara YIA. Masyarakat bisa mengenal secara detail soal bandara YIA. Tidak hanya melihat dari luar, warga juga bisa melihat setiap sudut bandara YIA.

"Wisata edukasi ini juga berpotensi menjadi wisata alternatif yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke DIY," kata pegiat wisata DIY itu.

Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana yang turut dalam tur perdana ini mengapresiasi langkah AP 1 yang menyediakan tur semacam ini. Ia meyakini kehadiran tur ini bisa menjadi alternatif wisata baru di Kulon Progo. "Dengan begini semua orang bisa merasakan pengalaman masuk ke bandara, sehingga ini dapat jadi objek wisata baru di Kulon Progo," ucapnya.

Foto : Jalu Rahman Dewantara/detikcom

Caption : Perjalanan Tur Discover YIA, Kulon Progo, Senin (12/4/2021).



Simak Video "Sebabkan Luka Parah, Pelaku di Bawah Umur Tak Langsung Ditahan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA