Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Apr 2021 12:15 WIB

TRAVEL NEWS

Wow! Jejak Dinosaurus Raksasa Pemakan Daging Ditemukan di Inggris

Femi Diah
detikTravel
Jejak kaki dinosaurus raksasa pemakan daging berusia lebih dari 150 juta tahun ditemukan di pantai Inggris
Jejak kaki dinosaurus raksasa pemakan daging berusia lebih dari 150 juta tahun ditemukan di pantai Inggris. (BBC Magazine)
Yorkshire -

Jejak kaki dinosaurus raksasa pemakan daging ditemukan di pantai Yorkshire, Inggris. Usianya diperkirakan lebih dari 150 juta tahun.

Dilaporkan BBC, Jumat (16/4/2021), cetakan kaki itu dinilai sebagai penggalian terbesar di wilayah tersebut. Adalah arkeolog Marie Woods yang menemukannya.

"Saya awalnya pergi untuk mengumpulkan kerang untuk makan malam, tetapi perhatian saya benar-benar teralihkan oleh binatang ini!" Woods menuliskan komentarnya di Twitter.

Para ahli meyakini jejak-jejak itu merupakan peninggalan dinosaurus raksasa pemakan daging. Panjang tubuh dinosaurus itu mencapai sembilan meter.

Woods pun batal mengumpulkan kerang. Dia berfokus kepada temuannya itu.

"Setelah melihatnya, saya tidak banyak mengumpulkan kerang," ujarnya.

Setelah penemuan itu, dengan lokasi detail yang dirahasiakan, Woods menghubungi para spesialis termasuk ahli paleontologi Dr Dean Lomax, penulis buku Dinosaurs of the British Isles.

Dia menggambarkan temuan tersebut sebagai "benar-benar makhluk raksasa peninggalan periode Jura". Woods menyebut bahwa itu merupakan "jejak kaki theropoda terbesar yang pernah ditemukan di Yorkshire".

Jejak kaki itu milik dinosaurus raksasa pemakan daging.

"Kemungkinan Megalosaurus, yang hidup antara 164 dan 175 juta tahun lalu," kata Dr. Lomax.

Dia bilang penemuan Woods ini sejatinya merupakan "penemuan kembali". Ya, jejak dinosaurus raksasa pemakan daging itu pernah dilaporkan oleh kolektor fosil, Rob Taylor, pada November 2020.

Waktu itu, Taylor mengunggah foto-foto temuannya itu di sebuah grup Facebook yang didedikasikan untuk keberadaan fosil-fosil Yorkshire. Tapi, foto-foto itu belum sepenuhnya disadari nilai pentingnya.

Saat ini mereka tengah menyiapkan sebuah rencana untuk memulihkan cetakan jari kaki dinosaurus raksasa pemakan daging itu. Woods bilang jejak itu dalam "kondisi rapuh" dan berisiko "tersapu air laut".

Jika proses pemulihan itu berhasil, temuan jejak dinosaurus raksasa pemakan daging tersebut akan dipamerkan di Museum Rotunda di Scarborough, Inggris.



Simak Video "Ilmuwan Temukan Fosil Spesies Dinosaurus Terbesar di Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA