Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Apr 2021 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Gubernur Texas dan Florida Keluarkan Larangan Paspor Vaksin

China Mulai Memberikan Paspor Vaksin, Negara Lain Masih Mengkhawatirkan Soal Privasi
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Saat New York mengeluarkan paspor vaksin, negara bagian di Amerika justru tak tertarik untuk memberikan kebijakan tersebut.

Mengutip Travel+Leisure, Gubernur Texas dan Florida melarang agensi atau bisnis untuk mewajibkan paspor vaksin untuk masyarakat. Greg Abbott selaku Gubernur Texas mengeluarkan perintah eksekutif yang berisi larangan lembaga negara atau subdivisi politik serta bisnis yang menerima dana publik dalam pemberian bukti vaksin.

"Setiap hari, orang Texas kembali ke kehidupan normal karena semakin banyak orang mendapatkan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif," kata Abbott dalam sebuah pernyataan.

"Tapi, seperti yang saya katakan selama ini, vaksin selalu sukarela dan tidak pernah dipaksakan," tambah Abbott

"Kami akan terus memvaksinasi lebih banyak orang Texas dan melindungi kesehatan publik, dan kami akan melakukannya tanpa menginjak kebebasan pribadi orang Texas tambah Abbott," kata Abbott.

Begitu pula Gubernur Florida, Ron DeSantis yang mengeluarkan perintah eksekutif dari bisnisnya sendiri. Isinya yaitu larangan bagi pelanggan menunjukkan bukti vaksinasi untuk mendapatkan layanan. Bahkan instansi pemerintah Texas juga dilarang mengeluarkan dokumen apapun yang digunakan untuk paspor vaksin.

Langkah tersebut dilakukan karena pemerintahan Biden telah menyatakan tak akan terlibat dalam pembuatan paspor vaksin. Selain itu juga tidak memerlukan bisnis apapun untuk menggunakannya.

"Kami juga tidak akan mendukung sistem yang mengharuskan orang Amerika untuk membawa kredensial (paspor/sertifikat vaksin)," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki.

"Tidak akan ada database vaksinasi federal dan tidak ada mandat federal yang mengharuskan setiap orang untuk mendapatkan satu kredensial vaksinasi," tambahnya.

Sementara itu, beberapa negara lain telah menggunakan paspor vaksin untuk membuka perbatasan mereka. New York bahkan meminta bukti tes negatif atau vaksinasi untuk memasuki beberapa tempat, salah satunya arena olahraga.



Simak Video "8 Warga Texas Ditembak di Hari Kemerdekaan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA