Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Apr 2021 16:16 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Air Kolam Renang Atlantis Keruh, Begini Kondisinya Saat Ini

Putu Intan
detikTravel
Jakarta -

Kabar air kolam renang Atlantis keruh viral di media sosial Tiktok. detikcom berkesempatan untuk menengok langsung kondisi kolam renang tersebut.

Kunjungan detikcom itu dilakukan pada Senin (19/4/2021) siang. Ketika datang, kondisi Atlantis yang terletak di kawasan Ancol itu memang sepi. Maklum, wahana ini sudah ditutup selama satu tahun karena pandemi COVID-19.

Jika ditengok dari pintu masuk, tak terlihat ada aktivitas manusia di sana. Loket-loket yang biasanya menjadi akses pengunjung membeli tiket, kini ditutup. Begitu pula dengan pintu menuju kawasan Atlantis yang dipagari.

Untuk dapat masuk ke dalam Atlantis, detikcom menggunakan pintu samping yang menjadi akses mobilitas karyawan. Ketika menginjakkan kaki di Atlantis, kondisinya berbeda dengan yang digambarkan dalam video Tiktok tersebut.

Kolam renang AtlantisKolam renang Atlantis ditutup sejak Maret 2020. Foto: Putu Intan/detikcom

Objek yang ditampilkan di video Tiktok viral itu adalah salah satu kolam dari 9 kolam yang ada di Atlantis. Kolam itu bernama Asthatirta yang baru diresmikan pada 21 Juni 2019.

Jika dalam video Tiktok terlihat air keruh yang menggenang, ketika detikcom datang ke sana, kolam justru sedang surut. Selain itu, kesan wahana perosotan yang tak terawat, tidak terlihat di sana.

Siang itu, sekitar 7 orang karyawan juga tampak membersihkan area kolam. Mereka menyapu dedaunan hingga memotong rumput liar. Menurut salah satu karyawan, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan setiap hari namun bergantian dengan kolam lainnya.

Kolam renang AtlantisKondisi perosotan di kolam renang Atlantis. Foto: Putu Intan/detikcom

Sementara itu, Vice President Atlantis Water Adventures Ancol, Rika Sudranto, menepis anggapan masyarakat bahwa Atlantis terbengkalai. Ia mengatakan, selama ditutup, Atlantis tetap dirawat.

"Kolam selalu diisi air secara penuh. Slidenya (perosotan) sekitar jam 2 atau jam 3 selalu dibasahi," kata dia.

Air diisi penuh ini bertujuan untuk menjaga agar kolam tidak rusak. Tapi bedanya, karena saat ini tak ada pengunjung, pihak Atlantis tidak membubuhkan penjernih air atau kaporit. Itu yang menyebabkan air tersebut lebih mudah keruh.

"Karena kondisinya ditutup, manajemen Ancol ingin cinta lingkungan. Yang pertama melakukan penghematan air, yang kedua kita tidak banyak membuang air dan tidak menggunakan bahan kimia. Air pada video itu sebenarnya adalah hal biasa. Kolam kita isi air tapi tidak ditreatment. Jadi biasa kalau ada lumut," ujarnya.

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA