Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Apr 2021 14:57 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk, Ngabuburit Sambil Belanja Produk UMKM Unggulan Jabar

Wisma Putra
detikTravel
Pameran UKM Jabar Paten di Bandung, mulai 19 – 25 April 2021
Pameran UMKM Jabar Paten di Bandung, 19 - 25 April 2021 (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung -

Ngabuburit sambil berburu produk UMKM unggulan di Jawa Barat? Yuk, kunjungi Pameran UKM Jabar Paten hajatan Kementerian Koperasi dan UKM di Kota Bandung.

Pameran UKM Jabar Paten ini bekerjasama dengan Dekranasda Jabar dan Bank Indonesia yang menampilkan lebih dari 80 produk UKM unggulan di sektor makanan, minuman, dan kriya. Pameran dihelat mulai 19 - 25 April 2021 di Paskal 23, Jalan Pasir Kaliki, Kota Bandung.

"Ada fesyen, kuliner dan craft, bersama-sama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM," kata Koordinator Pameran dan Kerjasama Dekranasda Jabar Darningsih kepada detikTravel, Selasa (20/4/2021).

Darningsih berujar dengan ngabuburit ke Pameran UMKM Jabar Paten, traveler bisa membantu perekonomian pelaku UMKM di Jawa Barat.

"Yuk ngabuburit ke sini, sambil membeli produk UMKM Jawa Barat. Bangga buatan Indonesia," ujarnya.

"Banyak pengunjung yang datang dalam rangka ramadan ini," dia menambahkan.

Pameran UKM Jabar Paten di Bandung, mulai 19 – 25 April 2021Pameran UKM Jabar Paten di Bandung, mulai 19 – 25 April 2021 Foto: Wisma Putra/detikTravel

Dalam pameran itu, traveler bisa menemukan beragam produk makanan yang cocok menjadi buah tangan jika kebetulan berkunjung ke Kota Bandung. Salah satunya cokelat Mones.

Cokelat Mones merupakan produk cokelat asal Bandung yang memiliki kemasan unik. Setiap varian produknya ditempatkan pada kaleng mirip dengan kaleng untuk pomade. Sudah begitu, tekstur dan rasanya beragam.

Ada juga, Rendang UniTutie yang memproduksi makanan asli Indonesia, yakni rendang. Rendang UniTuie membuat berbagai varian rendang, seperti paru sapi, jengkol, kacang merah, juga berbagai produk dendeng balado, serta bumbu nasi goreng.

Selain itu, ada juga beragam produk Rumah Sandal Geulis turut dipamerkan, dengan karyanya yang unik dan kekinian namun dengan sentuhan tradisional. Salah satu produk unggulannya adalah sandal (slipper) dengan motif Batik khas tatar Parahyangan.

Juga produk sepatu dari Cabang, sepatu kulit yang dibuat dengan pola jahitan menggunakan mesin khusus. Selain itu, sol dijahit secara manual dengan fungsi memperkuat sepatu agar tidak mudah jebol dan rusak, tali yang digunakan merupakan bahan tali lilin yang cocok untuk bahan sepatu kulit dan kelebihan lainnya.

Pameran UKM Jabar Paten di Bandung, mulai 19 – 25 April 2021Pameran UKM Jabar Paten di Bandung, mulai 19 – 25 April 2021 Foto: Wisma Putra/detikTravel

Sementara itu, Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Fixy mengatakan pameran ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang berlangsung selama April 2021 di Provinsi Jawa Barat.

"Gernas BBI di Jawa Barat menitikberatkan pada produk-produk artisan yang sudah dikurasi menjadi produk unggul, dan bukan mass product serta produk yang memiliki kualitas premium dan mampu bersaing dengan produk asing. Mones telah dipasarkan secara luas dalam dan luar negeri hingga ke pasar Amerika Serikat dengan permintaan 1000 box per bulan," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel.



Simak Video "Keren! Tempat Tisu Berbentuk Mobil Made in Bandung Go International"
[Gambas:Video 20detik]
(wip/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA