Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Apr 2021 16:13 WIB

TRAVEL NEWS

Niluh Djelantik Geram Ada Bule Akting Kelabui Satpam dengan Lukis Masker di Wajah

Sui Suadnyana
detikTravel
Bule prank ga pakai masker di Bali
Foto: (Niluhdjelantik/Instagram)
Denpasar -

Desainer dan politisi asal Bali, Niluh Putu Ary Pertami Djelantik geram dengan ulah bule yang akting mengelabui petugas dengan lukisan masker wajah. Wanita yang akrab disapa Niluh Djelantik itu menilai, akting yang dilakukan oleh bule tersebut seolah-olah telah menyepelekan penanganan COVID-19 di Bali.

"Nah ini bukan hal yang bisa dianggap sebagai bercanda. Bahkan mbok sangat marah kenapa di saat kita bersatu agar bersama-sama bangkit, ada orang yang ngerecokin dan orang ini punya pengaruh besar, followers banyak, di mana dia juga tinggal di Bali, hidup di Bali," kata Niluh Djelantik saat dihubungi detikcom dari Denpasar, Rabu (21/4/2021).

"Seolah-olah ini menjadi pembenaran, it's oke bikin jokes seperti ini. Oh ini akting saja. Nah terus krisis yang kita alami itu akting saja? Orang Bali itu acting tokonya bangkrut? Orang Bali itu acting daerah-daerahnya sepi kayak kuburan?," imbuhnya.

Niluh Djelantik menuturkan, dirinya mendapatkan informasi mengenai video bule tersebut dari seorang sahabat. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata video bule yang melukis masker di wajahnya tersebut diunggah pada Jumat (16/4/2021).

"Jadi mbok dikirimin pesan terus nama mbok juga di-tag, mbok cek sendiri karena mbok kepikiran ini pasti bakal dihapus, jadi mbok rekam. Mbok double cek lagi, ternyata dia postingnya di Facebook. Teman-teman juga kirimkan video tersebut, dan mbok double cek keabsahannya dan video tersebut memang benar hari Jumat," tuturnya.

Dari hasil pengecekan itu, Niluh Djelantik kemudian menuliskan kritik melalui akun media sosialnya. Kritik itu dituliskan lantaran sudah hampir selama 14 bulan Indonesia kena pandemi sejak pertama kali kasus ditemukan.

Dalam penanganan pandemi ini, tenaga kesehatan, dokter hingga rumah sakit juga telah berjibaku untuk mengurus pasien COVID-19. Pemerintah sendiri juga telah berjuang keras untuk mengurus ekonomi masyarakat dengan memberikan berbagai macam bantuan, stimulus ekonomi hingga promosi.

Ekonomi Bali sendiri mengalami kontraksi yang cukup tajam akibat pandemi COVID-19. Sebab, pendapatan Bali sebagian besar berasal dari sektor pariwisata.

Namun yang tidak kalah penting, masyarakat juga telah berjuang menyikapi adanya pandemi COVID-19. Banyak masyarakat yang tidak hanya kehilangan sanak keluarga, tetapi juga kehilangan pekerjaan, mata pencaharian, usahanya tak berjalan.

Karena itu, menurut Niluh Djelantik, penanganan terhadap pandemi COVID-19 sudah dilakukan begitu serius agar masyarakat semakin tidak terpuruk. Namun di saat yang sama justru ada orang-orang yang seolah-olah menyepelekan dan menganggap bahwa kesusahan atau kesulitan yang dihadapi masyarakat Indonesia, khususnya Bali dianggap tidak ada.

Hal itulah juga yang mendasari dirinya sampai menuliskan perilaku bule tersebut ke media sosial. Terlebih, kelakuan bule seperti ini bukan pertama kali ditemukan. Sebelumnya Niluh Djelantik juga sudah beberapa kali menemukan bule yang melakukan tindakan tidak sepantasnya.

Untuk diketahui sebelumnya sebuah video yang menunjukkan dua orang warga negara asing (WNA) laki-laki dan perempuan viral di media sosial. Sebab kedua bule ini berhasil mengelabui petugas dengan wajah yang dilukis masker.

Dalam video yang beredar, terlihat bahwa dua orang bule tersebut hendak mengunjungi sebuah pasar swalayan. Namun, mereka tak diberikan masuk oleh satuan pengamanan (Satpam) yang bertugas karena bule wanita tak memakai masker.

Alih-alih mencari masker, kedua bule tersebut kemudian masuk ke dalam mobil. Bule pria kemudian melukis wajah wanita tersebut mirip dengan masker. Hasilnya, mereka berhasil mengelabui Satpam yang berjaga di pintu masuk swalayan.

Saat berada di dalam swalayan, bule tersebut nampak heran bisa mengelabui petugas tersebut. Bahkan beberapa pengunjung swalayan juga tak menyadari bahwa masker tersebut hanya lukisan. Penelusuran yang dilakukan oleh detikcom, video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Facebook Josh Paler Lin. Unggahan akun tersebut kemudian ditangkap layar dan dibagikan oleh Niluh Djelantik dalam akun Instagramnya @niluhdjelantik.



Simak Video "Bule yang Prank Lukis Masker di Wajah Akhirnya Dideportasi!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA