Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Apr 2021 18:58 WIB

TRAVEL NEWS

Apakah Kursi Tengah Pesawat Akan Tetap Kosong Setelah Pandemi?

Bonauli
detikTravel
ilustrasi
Ilustrasi kursi pesawat (Thinkstock)
Jakarta -

Protokol kesehatan kini menjadi landasan orang-orang saat melakukan perjalanan. Bagaimana dengan nasib kursi tengah pesawat?

Perdebatan mengenai kursi tengah kembali mencuat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit membahas ini kepada maskapai penerbangan, seperti yang dilansir dari Business Insider.

Sebuah studi yang baru dipublikasikan menemukan bahwa penumpang tanpa masker dapat menyebarkan Covid-19 pada risiko yang lebih tinggi ketika kursi tengah tidak diblokir.

Ternyata studi juga menyebutkan bahwa kursi tengah yang tidak ditempati mengurangi paparan sebesar 57 persen. Sayangnya, banyak maskapai yang kurang setuju dengan ide ini.

"Beberapa studi ilmiah mengkonfirmasi bahwa lapisan perlindungan secara signifikan mengurangi risiko, dan penelitian terus menunjukkan bahwa risiko penularan di dalam pesawat sangat rendah," kata juru bicara Airlines for America.

Sejak awal sebenarnya industri penerbangan terpecah karena pandemi. Ada yang mau memblokir kursi tengah, ada yang tidak. Kini ada lebih banyak maskapai yang mulai meninggalkan kebijakan tersebut.

Keadaan ini ditunjang dengan studi dari Departemen Pertahanan dan Harvard TH Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan menyatakan perjalanan udara sebagian besar adalah aman, terlepas dari pemblokiran kursi.

Di Amerika Serikat sendiri, Delta Air Lines adalah satu-satunya maskapai besar AS yang masih memblokir kursi tengah. Tapi ini akan dihentikan pada 1 Mei.

Protokol kesehatan dianggap sebagai salah satu cara pengurangan risiko tanpa harus memblokir kursi tengah. Maskapai tentu saja tak ingin kehilangan kapasitas penuh penumpang dan terus merugi.

"Maskapai penerbangan kemungkinan tidak akan kembali memblokir kursi tengah kecuali diamanatkan oleh pemerintah federal," ujar Henry Harteveldt, analisis industri dan salah satu pendiri Atmosphere Reserch Group.

Di Indonesia sendiri sepertinya pemblokiran kursi tengah juga mulai dihilangkan. Ini terlihat dari pengisian kursi tengah yang mulai dilakukan di beberapa maskapai. Bagaimana menurutmu, traveler?



Simak Video "Melihat Salat Subuh Pertama Bulan Ramadhan di Mekkah"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA