Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Apr 2021 22:31 WIB

TRAVEL NEWS

Intip-intip Aturan Berjemur Telanjang di Negara-negara Dunia

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi turis di pantai
Ilustrasi pantai telanjang (iStock)
Jakarta -

Sebuah brand baju renang Inggris membuat panduan global yang menunjukkan berjemur telanjang tanpa harus takut ditangkap. Yuk, lihat dimana saja.

Diberitakan Travel+Leasure, Sabtu (24/4/2021), produsen pakaian renang dari Inggris, Pour Moi, membuat panduan global yang menampilkan lokasi pantai telanjang. Di pantai itu, wisatawan bisa berjemur telanjang tanpa melanggar hukum.

Pour Moi memuat peta pantai telanjang itu dan menandai dengan warna berbeda menurut boleh atau tidak bolehnya berjemur telanjang.

Dalam panduan itu, ada pantai telanjang yang tersebar di 39 negara:

1. Afrika

Sejumlah negara-negara Afrika diberi tanda merah, yakni Kenya, Madagaskar, Maroko, Mozambik, Tanzania. Artinya, di negara-negara itu berjemur telanjang atau tanpa atasan adalah tindakan ilegal.

Adapun di Mesir, Etiopia, Namibia, Seychelles menunjukkan warna amber, yang artinya bertelanjang menjadi norma budaya dari beberapa suku. Buat wisatawan sih diizinkan untuk berjemur tanpa penutup dada.

Di Mauritius, berjemur dengan bertelanjang dada secara umum diterima. Dan di negara-negara Afrika lainnya tidak tersedia informasi klasifikasi yang cukup

Bagi negara Kamerun, Tunisia dan Afrika Selatan mereka memiliki tanda kuning, yang artinya berjemur tanpa busana tindakan ilegal. Namun, mereka memiliki tempat-tempat pribadi yang dimana turis bisa sesuka hati di sana.

Peta dunia bisa berjemur telanjangPeta dunia bisa berjemur telanjang Foto: (dok Pour Moi)

2. Amerika Utara

Antigua dan Barbuda, Bahamas, Grenada, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Trinidad & Tobago adalah negara bertanda merah di Amerika Utara. Berarti di sana memiliki aturan bertelanjang di pantai sangat dilarang.

Kosta Rika, Cuba, Jamaika, Panama, Meksiko, Amerika Serikat bertanda amber yang berarti telanjang di muka umum, tidak dianjurkan, namun mereka punya kawasan khusus untuk nudis.

Kanada berwarna hijau. Meskipun berjemur tanpa penutup dada umumnya tidak dapat diterima, ada beberapa pantai dan area nudis resmi yang ditunjuk.

3. Amerika Selatan

Argentina, Brasil, Uruguay, bertanda hijau yang artinya mereka melegalkan nudis. Mereka bahkan punya pantai dan resor untuk nudis, lho.

Peru, Ekuador, Chili, bertanda amber yang tidak jelas apakah bertelanjang dizinkan atau ilegal. Tapi, saat ada turis berjemur toples mereka santai saja.

Sementara itu, Kolombia diberi tanda kuning yang ilegal dan dapat mengakibatkan denda jika dilakukan di lokasi yang salah. Namun pantai nudis tersedia.

4. Asia

Bahrain, Bangladesh, Cina, India, Kuwait, Malaysia, Maladewa, Nepal, Oman, Filipina, Arab Saudi , Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Uni Emirat Arab (UEA) bertanda merah dimana ilegal bertelanjang dada saat berjemur.

Warna amber diberikan untuk negara Kyrgyzstan, Iran, Indonesia, Kamboja, dimana secara umum telanjang berjemur adalah tindakan ilegal, namun ada spot pribadi yang disediakan untuk yang ingin nudis.

Israel, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, berwarna hijau yang asrtinya boleh-boleh saja berjemur tanpa penutup dada. Mereka juga memiliki pantai nudis.

5. Eropa

Di Eropa larangan nudis ada di negara Albania, Belarusia, Malta, dan Rusia. Sedangkan tanda kuning ada di Rumania.

Turis bertelanjang dada berjemur boleh-boleh saja di Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Ceko, Denmark, Estonia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Lituania, Luksemburg, Montenegro, Belanda, Norwegia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Ukraina dan Inggris.

Sedangkan di Cyrus, Finlandia, Monaco, Polandia, Turki berwarna amber yang artinya ilegal dilakukan di tempat publik namun boleh di spot tertentu.

6. Australia dan Oceania

Tanda hijau berjemur dengan telanjang dada ada di Australia yang artinya legal dilakukan. Di Fiji, Vanuatu, Samoa bertanda merah yang berarti itu tindakan ilegal.

Sedangkan di Selandia Baru berwarna mber yang berarti tidak ilegal tetapi ada area khusus yang lebih disukai untuk berjemur telanjang.



Simak Video "Indahnya Panorama Pantai Sebrotan, Hidden Gem di Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA