Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Apr 2021 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata, Tempe Indonesia Disukai Orang Israel

Hari Suroto
detikTravel
Beri Uang Bulanan Rp 200 Ribu, Pria Ini Protes Istri Hanya Disajikan Tahu dan Tempe
Foto: Ilustrasi tempe (iStock)
Jayapura -

Tempe merupakan makanan khas Indonesia. Ternyata kuliner dari kedelai ini cukup terkenal di Israel. Banyak orang Israel menyukai tempe Indonesia.

Meski nampak sederhana, makanan yang terbuat dari kedelai ini bahkan sudah jadi salah satu makanan favorit orang Israel.

Mereka menyebut tempe dengan tempeh. Bagi mereka, tempe merupakan superfood, makanan berbasis tanaman berkelanjutan yang menutrisi tubuh dan menopang planet bumi.

Selain rasa dan teksturnya yang unik, ketertarikan orang Israel juga karena kandungan di dalam tempe. Tempe dibuat dari hasil fermentasi kedelai yang memiliki sumber protein tinggi.

Melalui fermentasi, asam fitat yang ditemukan dalam kedelai dipecah. Hal ini membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi lainnya. Memiliki kandungan protein organik yang tinggi, oleh komunitas vegetarian, tempe dijadikan pengganti daging yang sangat baik karena rasanya yang enak.

Tempe di Israel disantap dengan makanan pendamping lainnya yaitu roti, nasi, kentang serta saus, sayur dan buah. Mereka memasaknya di oven atau dengan cara BBQ.

Tempe di Israel yang dijual secara toko organik maupun daring. Media sosial yang menjual tempe secara daring yaitu akun Instagram @holytempeh, @tempeh.il.

Tempe di Israel, rasanya beda dengan di Indonesia, selain menggunakan kedelai, tempe di Israel dibuat dari kacang-kacangan lokal, salah satunya kacang hitam.

Sehingga Tempe di Israel warnanya saja bukan putih kekuningan, tetapi putih keabu-abuan, putih kehijau-hijauan, bahkan ada yang putih keungu-unguan. Terus kalau dipatahkan, tempe di Indonesia hancur. Di Israel tempenya elastis.

Orang Israel kenal tempe ketika mereka berkunjung ke Singapura. Restoran di sana sebagian menyajikan kuliner tempe.

Selain itu mereka juga kenal tempe saat traveling ke Bali. Bali menjadi pasar yang menjanjikan untuk memasarkan produk tempe ke traveler asing.


---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Pemerintah Akan Daftarkan Tempe ke UNESCO"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA