Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Apr 2021 11:52 WIB

TRAVEL NEWS

Hebat Nih, Sandiaga Sebut DIY Terbaik dalam Pemulihan Pariwisata

Heri Susanto
detikTravel
Sandi Sebut DIY Terbaik Pulihkan Pariwisata
Foto: Heri Susanto/detikcom
Yogyakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi pemulihan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari catatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kebangkitan wisata di DIY menjadi yang terbaik di Indonesia.

"Saya apresiasi, di saat okupansi pariwisata turun, di DIY okupansi sampai Desember 2020 mencapai 45, 3 persen. Tertinggi diantara destinasi destinasi yang lain," ujar Sandiaga usai membuka vaksinasi massal pelaku pariwisata, guru dan lansia di Jogja Expo Center (JEC) Senin (26/4/2021).

Sandiaga menjelaskan inovasi yang dilakukan pelaku pariwisata dan Pemda DIY sangat baik dalam membangkitkan wisatawan. Banyak inovasi seperti bersepeda sampai menikmati buka puasa dengan sunset.

"Dengan 127 destinasi Juli 2020 sampai April, ada 2,9 juta wisatawan yang mampu menghasilkan pendapatan dari tiket masuk Rp 18,4 miliar, ini luar biasa dan kami apresiasi," kata Sandi.

Sandi Sebut DIY Terbaik Pulihkan PariwisataSandi Sebut DIY Terbaik Pulihkan Pariwisata. Foto: Heri Susanto/detikcom

Pariwisata di DIY, kata Sandi, menunjukkan ada gairah untuk bangkit. Apalagi, saat angka parameter wisata mengalami kenaikan, sebaran atau kasus baru di DIY relatif turun.

"Kami akan support anggaran dan peningkatan kualitas SDM," katanya.

Kebangkitan pariwisata ini, menurut Sandi, tak terlepas dari kesadaran pelaku pariwisata menerapkan Cleanliness (kebersihan), Safety (keamanan), dan Enviroment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

"Dengan adanya vaksinasi ini sebagai bagian dari CHSE. Vaksinasi terhadap pelaku pariwisata adalah bentuk dari akselerasi menjaga keamanan dan kenyamanan berwisata," kata Sandi.

Seperti telah diberitakan, mulai Senin (26/4/2021) sampai Jumat (31/4/2021), Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar vaksinasi massal. Selama lima hari itu, pemda menyiapkan 7.500 vaksin untuk pelaku pariwisata, guru dan lansia.

Pendaftaran vaksinasi ini khusus lansia melalui website yang ditunjuk pemda. Sedangkan pelaku pariwisata dan guru berdasarkan usulan dari dinas terkait.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA