Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Apr 2021 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

AS Izinkan Warganya yang Sudah Divaksin Lepas Masker

Washington D.C -

Di tengah pandemi, Pemerintah Indonesia tegas mewajibkan semua warganya memakai masker. Hanya di Amerika Serikat, masker tak wajib bagi yang telah divaksinasi.

Hal itu pun diungkapkan Presiden AS Joe Biden baru-baru ini seperti dikutip detikTravel dari AFP, Rabu (28/4/2021). Hanya saja, hal itu tidak berlaku di kerumunan.

"Bagi kalian yang belum divaksinasi, khususnya yang masih muda dan berpikir kalian tak butuh itu, ini adalah alasan untuk segera divaksinasi, sekarang," ujar Biden.

Izin untuk melepas masker bagi warganya dikemukakan oleh Biden, khususnya setelah AS dianggap telah berhasil menekan laju COVID-19. Hal itu seiring dengan program vaksinasi yang terus dikebut oleh AS.

Pernyataan Biden itu menyusul Pusat Pengendalian Penyakit AS atau CDC, yang sebelumnya sudah lebih dulu mengumumkan relaksasi penggunaan masker bagi warga AS yang telah divaksinasi.

"Bila kalian sudah divaksinasi, kalian bisa melakukan tindakan apapun yang terhenti akibat pandemi," ujar CDC.

Adapun CDC mewajibkan penggunaan masker di konser, parade atau saat menonton pertandingan olahraga saja. Pokoknya, kegiatan di kerumunan masih diwajibkan pakai masker.

Selain itu, pihak CDC juga merekomendasikan penggunaan masker di dalam ruangan seperti rumah, museum hingga bioskop yang minim sirkulasi udara.

Di AS kini, hampir setengah populasi orang dewasa di sana telah menerima dua dosis vaksin COVID-19. Program vaksinasi itu juga disebut berhasil mengurangi laju COVID-19 di AS.

Faktanya, orang yang telah divaksinasi masih tetap dapat terpapar COVID-19. Oleh sebab itu, masker menjadi pengaman ekstra untuk berkegiatan baik di dalam mau pun luar ruangan. Terlebih jika terpaksa berada di dalam kerumunan atau ruang tertutup seperti kantor dan lainnya.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA