Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Apr 2021 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Singapura Kalahkan Selandia Baru Jadi Negara Paling Tahan Pandemi

View of downtown district and Marina bay skyline with purple sunrise in Singapore
Foto: Singapura (Getty Images/iStockphoto/boule13)
Singapura -

Singapura berhasil mengalahkan Selandia Baru untuk urusan ketahanan terhadap pandemi COVID-19. Mereka unggul 0,1 poin dibandingkan dengan Selandia Baru.

Bloomberg merilis daftar terbaru peringkat negara-negara di dunia yang paling tahan terhadap pandemi COVID-19. Hasilnya, Singapura keluar sebagai juara di peringkat pertama.

Selandia Baru yang sebelumnya duduk sebagai peringkat pertama negara terbaik dalam menghadapi pandemi, harus puas turun satu peringkat ke posisi kedua. Melengkapi 3 besar, ada Australia yang menduduki rangking ketiga daftar tersebut.

Index Ketahanan terhadap pandemi COVID-19 ini dibuat berdasarkan banyak komponen penilaian. Beberapa di antaranya adalah soal tingkat positif tes COVID-19, tingkat kefatalan, angka kematian, hingga data vaksinasi terhadap warga.

Hasilnya, Singapura mencatatkan nilai tertinggi yaitu 79,7. Sedangkan Selandia Baru yang duduk di posisi kedua hanya terpaut 0,1 angka saja yaitu 79,6. Sedangkan Australia di posisi ketiga skornya 76,2.

"Singapura telah memberikan vaksin yang setara seperlima populasinya, sebuah aspek pengendalian pandemi yang membuat negara lain seperti Selandia Baru, Australia dan Taiwan tertinggal," demikian menurut laporan Bloomberg.

19,4% dari populasi Singapura sudah divaksin, sedangkan Selandia Baru baru sekitar 1,9% saja dari total populasi mereka. Sementara Australia, tingkat laju vaksinasinya baru 3,7% dari populasi.

Selain 3 negara itu, ada pula Israel yang duduk di peringkat 4 dan Taiwan yang duduk di peringkat 5. Israel memiliki skor 74,9 sedangkan Taiwan skornya 74,7.

Tidak ada nama Indonesia dalam daftar 10 besar negara paling tahan pandemi COVID-19. Jika daftarnya dipanjangkan sampai 20 besar pun, nama Indonesia tidak tercantum di sana.

Indonesia hanya menduduki peringkat 34 negara paling tahan terhadap pandemi COVID-19, dari total 53 negara yang dirangking Bloomberg. Skor Indonesia cuma 51,1.

Berikut Daftar Lengkap Negara Terbaik di Dunia dalam Menghadapi Pandemi COVID-19 Versi Bloomberg:

1. Singapura (SKOR: 79,7)
2. Selandia Baru (SKOR: 79,6)
3. Australia (SKOR: 76,2)
4. Israel (SKOR: 74,9)
5. Taiwan (SKOR: 74,7)
6. Korea Selatan (SKOR: 72,7)
7. Jepang (SKOR: 70,9)
8. Uni Emirat Arab (SKOR: 69,7)
9. Finlandia (SKOR: 68,9)
10. Hong Kong (SKOR: 68,2)



Simak Video "Singapura Putuskan Lockdown Sebulan, Ini Fakta-fakta Lengkapnya"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA