Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Apr 2021 17:15 WIB

TRAVEL NEWS

Berapa Hari Lagi Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2021?

Novia Aisyah
detikTravel
Multi generation Asian muslim family gathered for Hari Raya Puasa or Eid-Fitr
Ilustrasi Idul Fitri (Getty Images/Zuraisham Salleh)
Jakarta -

Berapa hari lagi lebaran Hari Raya Idul Fitri 2021? Tentunya tak lama lagi seluruh umat Islam akan merayakannya.

Memasuki hari ke-17 puasa Ramadhan, berarti sekitar dua minggu lagi kita akan merayakan lebaran Idul Fitri. Puasa pertama dimulai pada tanggal 13 April 2021. Sehingga jika dilihat dalam kalender tahun 2021, hari raya Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 mendatang. Tapi, untuk kepastiannya harus menunggu keputusan dari Kementerian Agama.

Jika ditanya kapan lebaran Hari Raya Idul Fitri 2021? Jawabannya pasti tanggal 1 Syawal pada setiap tahun Hijriyah. Akan tetapi penetapan 1 Syawal ini akan merujuk pada hasil keputusan sidang itsbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI, setelah sebelumnya dilakukan usaha baik secara hitungan ilmu falak (hisab) maupun observasi (ru'yat) diberbagai belahan bumi Indonesia baik dengan maya kepala telanjang ataupun dengan menggunakan alat canggih.

Namun, hari raya Idul Fitri kali ini juga akan serupa dengan tahun 2020 kemarin, masyarakat muslim Indonesia perlu merayakan Idul Fitri 2021 dengan menyesuaikan situasi pandemi COVID-19.

Di tahun ini, pemerintah kembali mengeluarkan info mudik lebaran yang melarang warganya untuk bepergian ke kampung halaman, demi mencegah puncak pandemi COVID-19.

Dengan adanya larangan mudik yang berlaku dari tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, masyarakat muslim di Indonesia tidak dapat melakukan berbagai tradisi lebaran di Indonesia.

Lalu apa saja tradisi Hari Raya Idul Fitri yang akan berbeda tahun ini?

1. Mudik

Kalau tahun-tahun sebelumnya, masyarakat selalu melaksanakan mudik saat lebaran. Di tahun 2020 dan 2021, mudik dilarang. Tahun ini larangan mudik diperetat dan diperpanjang dari 22 April sampai dengan 22 Mei 2021. Padahal sebelumnya larangan mudik ini berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Larangan mudik juga diperketat dengan memberikan sanksi di empat sektor transportasi mulai dari darat, laut, udara dan kereta api.

Tahun ini bagi kamu yang belum bisa mudik, bisa merayakan hari Lebaran bersama keluarga di rumah.

2. Silaturahmi Secara Online

Momen Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu momen saling memaafkan. Kalau biasanya kita saling menyambangi kerabat dan bersalam-salaman. Tentunya berbeda dengan setahun belakangan yang melakukan silaturahmi dengan cara online.

Dengan memanfaatkan smartphone dan aplikasi secara online tentunya bisa tetap saling bermaafan tanpa harus berinteraksi secara langsung. Langkah ini bisa menjadi salah satu pencegahan virus corona.

Itulah beberapa perbedaan yang dirasakan saat pandemi Covid-19 ini. Meskipun berbeda, tetapi Lebaran Hari Raya Idul Fitri tetap harus lebih baik dengan ibadah yang lebih rajin lagi serta saling memaafkan.



Simak Video "Menhub Setop Penerbangan Charter Selama Pelarangan Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA