Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Mei 2021 11:47 WIB

TRAVEL NEWS

Yakin Sudah Paham Peraturan Mudik 2021? Disimak Lagi, Yuk!

Tim detikcom
detikTravel
Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, mencatat sebanyak 31.661 pemudik telah berangkat ke kampung halaman selama periode bulan April.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah mengeluarkan larangan mudik 2021 serta aturan pengetatan sebelum dan pasca Lebaran. Simak lagi yuk peraturan mudik 2021.

Masih dalam masa pandemi COVID-19, pemerintah memutuskan untuk melarang kegiatan mudik. Hal itu tercantum dalam Surat Edaran Kepala Satuan Tugas Nomor 13 Tahun 2021 tentang Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Pengendalian COVID-19 selama bulan suci Ramadhan 1441 H. Berikut ini rinciannya:

1. Larangan Mudik lebaran dimulai dari tanggal 6-17 Mei 2021.

2. Pelarangan Mudik lebaran mencakup transportasi jalur darat, kereta api, jalur laut, udara, dan lintas kabupaten/provinsi/negara.

3. Terdapat skrining surat izin keluar masuk (SIKM) dan surat keterangan hasil negatif covid-19 di setiap perbatasan, pintu kedatangan atau titik pengecekan rest area.

4. Izin perjalanan lintas batas hanya diberikan secara khusus bagi mereka yang memiliki perjalanan dinas khusus, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, dan ibu hamil dalam perjalanan persalinan dengan ditemani 1 anggota keluarga.

5. Pelaku perjalanan penerbangan perintis, transportasi laut ke pulau kecil, dan transportasi logistik tetap diizinkan untuk beroperasi.

6. Pelayanan kesehatan darurat.

7. Seluruh pelaku perjalanan wajib untuk menunjukkan surat izin keluar masuk (SIKM) yang berlaku untuk satu kali perjalanan (pulang-pergi).

8. Wajib membawa surat keterangan hasil negatif Covid-19.

Bagi kendaraan yang tetap memaksa untuk mudik di luar dari aturan pelarangan di atas maka akan diminta untuk putar balik dengan paksa ke rumah masing masing.

Pengawasan akan dilakukan oleh Polri dibantu oleh TNI, Kemenhub, Dishub daerah dengan penyebaran lebih dari 333 titik pada akses keluar masuk jalan tol, terminal, pelabuhan dan juga penyeberangan.

Selanjutnya: detail aturan pengetatan

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA