Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Mei 2021 05:43 WIB

TRAVEL NEWS

Duet Anies-Sandiaga Atur Kerumunan di Tanah Abang

Putu Intan
detikTravel
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (ketiga kiri) dan Kapolda Metro Jaya Muhammad Fadil Imran (kedua kanan) meninjau situasi di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). Anies mengakui adanya lonjakan pengunjung di pusat tekstil terbesar se-Asia Tenggara dari sekitar 35.000 pengunjung pada hari biasa menjadi sekitar 87.000 orang pada akhir pekan ini sehingga pihaknya menyiagakan sekitar 750 petugas untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Kerumunan di Pasar Tanah Abang. Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan keprihatinannya atas kerumunan yang terjadi di Pasar Tanah Abang pada Sabtu (1/5/2021). Sebagai sentra ekonomi kreatif, Pasar Tanah Abang seharusnya memperketat protokol kesehatan.

Seperti diketahui, kerumunan di Pasar Tanah Abang sempat menghebohkan masyarakat lantaran saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19. Ribuan orang tampak memadati Blok A dan Blok B Pusat Grosir Tanah Abang tanpa menjaga jarak.

Menparekraf Sandiaga menyebut tradisi belanja kebutuhan Lebaran memang tak bisa dielakkan. Namun dirinya akan berkoordinasi dengan Gubernur DKI Anies Baswedan dan jajarannya agar kejadian serupa tak kembali terulang.

"Kami berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta karena Tanah Abang ini adalah sentra ekonomi kreatif, salah satu yang tersibuk di Asia karena menjadi pusat tekstil. Dan salah satu yang menjadi tradisi dalam bulan suci Ramadhan, menjelang lebaran adalah berbelanja baju-baju Lebaran. Kami terus mengupayakan langkah-langkah antisipatif, bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Sandiaga berharap, ke depannya protokol kesehatan dapat ditegakkan. Ini juga terkait dengan pembukaan tempat wisata pada masa libur Lebaran 2021.

"Tentunya protokol kesehatan yang ketat dan disiplin itu harus diprioritaskan. Berkaitan dengan dibukanya tempat wisata di DKI Jakarta dan Jabodetabek tentunya keputusan akhirnya ada di Pemerintah Daerah. Dan kami akan memfasilitasi dari segi kesiapan protokol kesehatan yang harus diterapkan dengan prinsip CHSE," ujarnya.

Sementara itu, di balik ramainya pengunjung Pasar Tanah Abang, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito meminta kesadaran masyarakat untuk dapat menjauhi kerumunan. Wiku jua meminta agar Satgas Daerah serta aparat mengawasi penerapan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang dan tempat lainnya.

"Baik pihak Satgas Daerah, aparat penegak hukum, serta pengelola pasar perlu menjaga agar protokol kesehatan di pasar berjalan dengan kondusif. Tingkatkan pengawasan terutama menjelang Idul Fitri," ujar Wiku.

"Jaga kapasitas pengunjung dan sediakan tempat-tempat cuci tangan. Budayakan antre agar bisa tetap jaga jarak. Disinfektan area di pasar secara rutin. Mari kita saling melindungi kesehatan masyarakat," dia menambahkan.



Simak Video "Siap Gelar World Superbike, Pemerintah: Semua Atlet Harus Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA