Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Mei 2021 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

PO SAN: Bus Kami Masih Optimal Jelang 20 Tahun

PO SAN
PO SAN (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta -

Tiap perusahaan otobus memiliki strategi tersendiri terkait jangka waktu pengoperasian bus. Ada yang lima tahun, bahkan ada yang sampai menjelang 20 tahun.

Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PT. SAN Putra Sejahtera (PO SAN) menjelaskan berapa tahun sekali mereka mengganti armadanya.

"Kita nggak ada. Sampai mobil itu tepekik dia nggak mampu lagi baru kita ganti," jelas Sani.

"Artinya mobil itu secara regulasi ada batasan selama 25 tahun. Tapi kami dengan pola dan strategi maintenance yang memang ketat dengan fasilitas yang kami punya dan skill tim yang kami jaga sampai 10-15 tahun bahkan sampai menjelang 20 tahun mobil kami insya Allah masih optimal dan baik," imbuh dia.

Jadi setiap berapa tahun PO SAN melakukan peremajaan? Kata Sani, pekerjaan itu tergantung keadaan.

"Artinya semua itu relatif," kata Sani. Ia juga menambahkan bahwa PO SAN hanya melayani perjalanan reguler dan tiada armada pariwisata di dalamnya.

Berapa total armada yang dimiliki PO SAN? Sani menyebut perusahaannya memiliki lebih dari seratus bus, namun sebagian besar yang sudah tua sudah dikandangkan.

"Kurang lebih 115 bus. Tapi sebagian besar yang tua sudah kita grounding dengan alasan pertama sudah kena batasan tahun," jelas Sani.

"Alasan kedua spesifikasinya sudah tidak mumpuni. Dia masih masuk, secara tahun belum kena pembatasan, tapi kita sudah ground dan kita ganti dengan armada yang lebih baik," imbuh dia.

"Sekarang total bus siap guna operasi sekitar 94," Sani menjelaskan.



Simak Video " Kenalan dengan Bus Double Glass yang Diminati PO- penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA