Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Mei 2021 23:25 WIB

TRAVEL NEWS

Tahukah Kamu? Ikan Juga Merasakan Sakit Seperti Manusia

Bonauli
detikTravel
keragaman jenis ikan di bawah laut Friwen
Ilustrasi ikan di laut (istimewa)
Jakarta -

Ikan kerap jadi binatang peliharaan yang menggemaskan. Tapi sedikit yang tahu, kalau ternyata ikan juga seperti manusia.

Film dokumenter Seaspiracy sempat jadi perbincangan karena isinya yang menohok penonton. Isu global warming dan sampah di lautan menjadi topik yang diceritakan dengan detail menarik.

Tak hanya penyebaran sampah di lautan, film ini juga merunutkan peran ikan di lautan. Peneliti dari berbagai belahan dunia dihadirkan untuk membeberkan fakta soal ikan.

Salah satunya adalah Jonathan Balcombe, seorang peneliti dan penulis buku What a Fish Knows: The Inner Lives of Our Underwater Cousins. Di sana Jonathan menjelaskan bahwa ikan sering disalahartikan.

Karena tak memiliki air mata dan tak seperti peliharaan lain, ikan sering dikira tidak merasakan sakit. Padahal, ikan punya sistem saraf seperti manusia.

Ini artinya ikan juga merasakan sakit. Hanya saja, ikan punya cara yang berbeda untuk berkomunikasi. Contohnya saja saat berada di restoran seafood segar. Seringkali ikan melihat temannya sendiri dibunuh di depan mata dan itu membuat mereka ketakutan.

Beda lagi dengan gerombolan ikan di lautan luas. Saat mereka schooling, mereka akan berbagai informasi lewat kentut. Menarik sekali, ya.

TogeanIlustrasi ikan badut (Neta Serian/d'Traveler)

Masih ada lagi, manusia seringkali menganggap remeh ikan. Padahal ikan punya pendengaran yang sangat tajam. Menurut penelitian, ikan bisa membedakan musik klasik dan blues lewat getaran di dalam air.

Tak usah jauh-jauh ke lautan, ikan goldfish adalah salah satu contoh yang dekat dengan kehidupan manusia. Goldfish seringkali dipelihara sendirian di dalam akuarium kecil. Ini mengenaskan, karena ternyata goldfish harus berpasangan dan mereka hidup layaknya manusia karena bisa bermain, belajar, membentuk hubungan, menjadi orang tua dan memecahkan masalah.

Ikan goldfish juga memiliki ingatan yang baik dan mampu berekspresi. Kalau di dalam satu populasi, ikan goldfish bahkan bisa bekerja sama dan menipu satu sama lain.

Kecil atau besar, ikan adalah makhluk hidup yang sangat mengagumkan. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu makin sayang ikan!



Simak Video "Di Tengah Pandemi, Indonesia Ekspor 11 Ton Produk Ikan Beku"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA