Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Mei 2021 14:05 WIB

TRAVEL NEWS

Nggak Mudik, Mereka Berziarah ke Makam Mbah Priok di Hari Lebaran

Putu Intan
detikTravel
Jakarta -

Para peziarah mendatangi Makam Mbah Priok pada hari pertama lebaran Idul Fitri 2021. Mereka datang untuk berdoa dan mencari berkah selagi tak bisa mudik.

Makam Habib Hasan Al Haddad atau lebih dikenal dengan nama Makam Mbah Priok menjadi salah satu destinasi religi yang didatangi umat muslim saat Idul Fitri. Tak terkecuali tahun ini, makam itu tetap disambangi peziarah kendati tak seramai dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.

Dari pantauan detikcom, Kamis (13/5/2021) pagi, para peziarah yang jumlahnya puluhan datang ke makam yang terletak di Koja, Jakarta Utara itu. Mereka umumnya berasal dari Jakarta dan datang ke sana setelah melakukan Salat Id.

Di sana para peziarah akan mengambil air barokah baik untuk diminum atau untuk mencuci muka. Kemudian mereka akan berdoa di depan pusara Makam Mbah Priok.

Salah satu peziarah asal Cilincing, Riyati mengungkapkan bahwa ia memang rutin datang ke Makam Mbah Priok. Biasanya ia datang setiap malam Jumat untuk melakukan pengajian. Lebaran kali ini ia sengaja datang ke sana lantaran tak bisa mudik.

Makam Mbah PriokMakam Mbah Priok (Foto: Putu Intan/detikcom)

"Kalau pas nggak balik kampung ya kita ke sini. Kalau lagi mudik , nggak ke sini," kata dia.

Menurutnya, datang ke Makam Mbah Priok yang merupakan cagar budaya ini, menjadi salah satu cara memperingati Idul Fitri selain bersilaturahmi bersama keluarga.

"(Tujuannya datang) untuk mendekatkan diri dengan wali Allah," ujarnya.

Makam Mbah PriokMakam Mbah Priok (Foto: Putu Intan/detikcom)
Makam Mbah PriokMakam Mbah Priok (Foto: Putu Intan/detikcom)

Senada dengan Riyati, pengunjung lain yang enggan menyebut namanya mengatakan bahwa dengan mendatangi Makam Mbah Priok dapat membuat hatinya tenang.

"Perasaannya tenang, namanya kita di makam wali, karena dia keturunan Rasulullah," tuturnya.

Sama seperti Riyati, ia juga kerap datang ke Makam Mbah Priok setiap malam Jumat. Menurutnya makam ini tetap didatangi peziarah di masa COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kita datang ke sini juga menjalankan protokol kesehatan, memakai masker," katanya.

Para peziarah yang datang ke Makam Mbah Priok ini tidak dipungut biaya. Hanya saja mereka dapat memberikan sumbangan seikhlasnya.

(pin/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA