Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Mei 2021 12:19 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Lebaran, Wisatawan di Pantai Gunungkidul Terjaring Razia Masker

Sejumlah wisatawan yang tengah berkunjung ke kawasan Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul terjaring razia penggunaan masker. Sebagian besar yang terjaring wisatawan lokal dan bagi yang terjaring razia diberikan edukasi dan masker gratis.
Foto: (Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul)
Jakarta -

Sejumlah wisatawan yang tengah berkunjung ke kawasan Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul terjaring razia penggunaan masker. Sebagian besar yang terjaring wisatawan lokal dan bagi yang terjaring razia diberikan edukasi dan masker gratis.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul Surisdiyanto menyebut, jika selama libur lebaran ini pihanya melakukan pengawasan terkait wisatawan yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Hasilnya, sejak kemarin, Kamis (13/5/2021) dan hari ini pihaknya mendapati sejumlah wisatawan yang tidak mengenakan masker.

"Untuk hasil operasi pada hari Kamis ada 40 wisatawan yang sama sekali tidak membawa masker, dan 11 lainnya salah atau tidak benar dalam menggunakan masker," ucapnya saat dihubungi wartawan, Jumat (14/5/2021).

"Terus untuk hari ini ada 70 wisatawan tidak menggunakan masker, 12 orang salah dalam menggunakan masker dan 5 orang menaruh masker di dalam tas," lanjut Surisdiyanto.

Operasi masker tersebut, kata Surisdiyanto dimulai dari Pantai Seruni Kapawon Tepus hingga ke bukit Paralayang Kapanewon Purwosari. Oleh sebab itu, jumlah personel yang terlibat dalam operasi ini mencapai 64 orang.

Menyoal sanksi khusus bagi pelanggar protokol kesehatan, dia menyebut tidak ada. Pihaknya hanya melakukan pendataan, memberi edukasi dan membagikan masker kepada wisatawan yang tidak membawa masker.

"Kalau yang terjaring operasi itu kebanyakan wisatawan lokal (DIY). Dan bagi yang tidak membawa masker langsung kita data dan kita berikan masker gratis," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, selama libur lebaran ini pihaknya menyiapkan 345 petugas gabungan. Mereka akan melaksanakan pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan di kawasan wisata Gunungkidul.

"Semua itu untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata sesuai dengan norma adaptasi kebiasaan baru," katanya.



Simak Video "Pria Pukul-Ancam Polisi Saat Razia Masker di Solo Terancam Pasal Berlapis"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA