Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Mei 2021 09:40 WIB

TRAVEL NEWS

8 Tempat Wisata Ditutup, Imbauan Doni Monardo Jadi Kenyataan

Tim detikcom
detikTravel
Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, ditutup sementara. Para pengunjung pun terpaksa balik kanan.
Foto: Ilustrasi (Rengga Sencaya/detikcom)
Jakarta -

Ada setidaknya 8 tempat wisata di beberapa daerah yang ditutup karena membeludaknya jumlah pengunjung. Imbauan Doni Monardo pun jadi kenyataan.

Gara-gara kerumunan wisatawan di libur lebaran, beberapa tempat wisata di Indonesia ditutup beberapa hari. Beberapa tempat wisata populer di Jakarta seperti Ancol hingga TMII ditutup.

Penutupan juga terjadi di beberapa daerah seperti Banten dan Jawa Barat serta Jawa Timur. Berikut daftar lengkapnya:


1. Ancol

Manajemen Ancol memutuskan untuk menutup sementara mulai 15-17 Mei 2021. Ancol mengatakan penutupan ini untuk penguatan protokol kesehatan, setelah sehari sebelumnya dikunjungi sekitar 32 ribu orang.

Ancol akan buka kembali pada 18 Mei 2021. Di akun media sosialnya, Ancol mengatakan pengunjung yang sudah membeli tiket untuk kunjungan tanggal 15 - 17 Mei 2021 dapat melakukan penjadwalan ulang kedatangan mulai tanggal 18 Mei sampai 31 Desember 2021. Mereka bisa datang langsung tanpa harus melakukan reservasi ulang.

2. Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan TUTUP sementara untuk pemberlakuan pengetatan protokol kesehatan dan akan buka kembali pada hari Selasa, 18 Mei 2021.

3. TMII

Taman Mini Indonesia Indah juga menutup tempat wisata pada tanggal 16 & 17 Mei 2021. Dan akan dibuka kembali pada tanggal 18 Mei 2021. Pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket online dapat di-reschedule sebelum tanggal 31 Mei 2021 dengan membawa bukti pemesanan tiket.

4. Kenjeran

Kolam renang Waterpark Kenjeran ditutup Pemkot Surabaya. Pasalnya, kolam renang itu melanggar protokol kesehatan (Prokes).

5. Pangandaran

Objek wisata Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ditutup hingga Senin. Penyebabnya, wisatawan membludak hingga menimbulkan kerumunan.

6. Geopark Ciletuh

Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu akhirnya ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Wisatawan yang sudah datang dan mendirikan tenda akan dibubarkan dan dipulangkan ke daerah masing-masing.

7. Carita-Anyer

Pantai Anyer-Carita dan destinasi wisata lain di Banten ditutup sementara akibat menumpuknya pengunjung saat libur Lebaran. Penutupan ini dituangkan dalam Instruksi Gubernur Nomor 556/901-Dispar/2021. Penutupan berlaku mulai Sabtu (15/5/2021) pukul 21.00 WIB hingga 30 Mei 2021.

8. Waterpark HJR Kalensinem

Satuan Petugas (Satgas) penanganan COVID-19 Karawang, akhirnya menutup sementara Waterpark HJR, di Kecamatan Jatisari. Hal itu buntut dari membludaknya pengunjung sehingga menimbulkan kemacetan. Tempat wisata itu telah menyalahi aturan yang berlaku, yaitu melebihi kapasitas hanya 50 persen.

Itulah berita terpopuler detikTravel, Minggu (16/5/2021). Selain itu, ada pula berita tentang imbauan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo yang jadi kenyataan.

Doni meminta pihak Pemkab dan Pemprov setempat agar lebih tegas. Pihak kepolisian juga harus untuk ikut membantu menertibkan keramaian wisatawan. Bahkan, termasuk menutup tempat wisata yang melebihi batas kapasitas.

"Kita harapkan seluruh satgas daerah, terutama unsur Polda harus berani ambil keputusan, ambil langkah-langkah penertiban. Kalau membahayakan keselamatan masyarakat ditutup saja. Bicara yang terbuka kepada pengelola. Kita harapkan pengelola pariwisata bisa kerja sama, karena kalau kasus aktif meningkat otomatis semuanya akan mundur lagi," tutup Doni.

Berikut Daftar Lengkap Berita Terpopuler detikTravel, Minggu (16/5/2021):

1. Soal Masa Larangan Mudik-AS Tolak Indonesia
2. 8 Tempat Wisata yang Ditutup Imbas Membludaknya Pengunjung di Libur Lebaran
3. Imbauan Doni Monardo yang Jadi Kenyataan di Libur Lebaran Ini
4. Celana Terlalu Pendek, Perempuan Ini Kena Masalah di Taman Hiburan
5. Larangan Mudik 2021 sampai Kapan? Ini Penjelasan dari Pemerintah
6. Foto Kayu Ajaib dari Papua, Tahan Ratusan Tahun Terendam Air
7. Ternyata PO SAN Tak Punya Agen Bus, Diganti Apa?
8. Buntut Perahu Wisata Terbalik, Waduk Kedungombo Boyolali Ditutup
9. Suasana Ramai Gunung Tangkuban Parahu Saat Libur Lebaran
10. 5 Destinasi Wisata Bogor yang Murah Meriah



Simak Video "Libur Lebaran, Wisatawan di Cikao Park Purwakarta Dites Covid-19 Acak"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA