Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Mei 2021 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata di Banten Tutup, Ujung Kulon Juga Tak Boleh Dikunjungi

Rifat Alhamidi
detikTravel
Pulau Peucang. Pulau Handeuleum, Pulau Panaitan
Foto: Pulau Peucang di Ujung Kulon (dok. TN Ujung Kulon)
Pandeglang -

Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) kini terlarang dikunjungi oleh wisatawan. Itu sesuai dengan keputusan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Hal itu, seiring dengan adanya Intruksi Gubernur Wahidin Halim mengenai penutupan seluruh tempat wisata di Banten mulai tanggal 15 hingga 30 Mei 2021.

Keputusan penutupan TNUK dituangkan dalam surat bernomor SE.04/T12/TU/P3/5/2021 tentang Penutupan Sementara Obyek Wisata Alam di Kawasan Konservasi TNUK. Dalam surat tersebut, penutupan dilakukan sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 atas dampak antusiasme masyarakat dalam kunjungan wisatawan saat libur Lebaran.

"Kita buat surat edaran penutupan sementara tempat wisata di TNUK menindaklanjuti instruksi Bapak Gubernur Banten dan Ibu Bupati. Jadi, mulai hari ini sampai 30 Mei TNUK tidak menerima kunjungan lagi," kata Kepala Balai TNUK Anggodo kepada detikcom saat dihubungi di Pandeglang, Banten, Senin (17/5/2021).

Anggodo menjelaskan, saat ini sudah tidak ada wisatawan di kawasan TNUK. Per hari Minggu (16/5/2021), mereka sudah diminta segera pulang sesuai intruksi penutupan tempat wisata dari Gubernur Banten.

"Kemarin informasi dari Kepala Resort, itu masih ada wisatawan di Pulau Peucang. Tapi, sudah disuruh kembali lagi, disuruh pulang karena sekarang ditutup," ucapnya.

Diketahui, Gubernur Banten resmi mengeluarkan intruksi bernomor 556/901-Dispar/2021 terkait penutupan tempat wisata yang berlaku mulai Sabtu (15/5/2021) pukul 21.00 WIB hingga 30 Mei 2021. Hal itu, imbas menumpuknya pengunjung saat libur Lebaran.

Kebijakan penutupan destinasi wisata ini melihat perkembangan pengunjung ke beberapa objek wisata di Banten pada dua hari ini yaitu 14-15 Mei 2021. Antusiasme pengunjung bisa menimbulkan kerawanan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.



Simak Video "Keindahan Pantai Berpasir Putih Pulau Peucang Banten"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA