Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Mei 2021 19:41 WIB

TRAVEL NEWS

Puncak Ciremai Masih Jadi Favorit Pendaki Nikmati Libur Lebaran

Bima Bagaskara
detikTravel
Puncak Ciremai Masih Jadi Favorit Pendaki Nikmati Libur Lebaran
Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)
Jakarta -

Jalur pendakian Gunung Ciremai yang sebelumnya ditutup selama bulan Ramadhan dibuka kembali per tanggal 13 Mei 2021. Para pendaki yang ingin menuju puncak tertinggi Jawa Barat itu pun langsung menyerbu.

Sandy Baron Petugas Pos Pendakian Gunung Ciremai jalur Palutungan mengatakan sejak dibuka kembali setidaknya ada 800 pendaki yang telah berangkat menuju puncak Ciremai melalui jalur Palutungan.

"Kemarin dibuka tanggal 13, tapi operasionalnya mulai jalan tanggal 14 Mei. Sampai hari ini sekitar 800 pendaki yang berangkat dari sini (jalur Palutungan)," kata Baron saat ditemui di pos pendakian jalur Palutungan, Selasa (18/5/2021).

Jika dirata-rata, pendaki yang mendaftar untuk menggapai puncak Ciremai mencapai 150 orang perharinya.

"Kalau sehari itu kita batasi maksimal hanya 250 orang. Tapi rata-rata sejak dibuka sekitar 150-an pendaki yang naik," ucap Baron.

Puncak Ciremai Masih Jadi Favorit Pendaki Nikmati Libur LebaranPuncak Ciremai Masih Jadi Favorit Pendaki Nikmati Libur Lebaran Foto: (Bima Bagaskara/detikcom)

Menurutnya pendaki yang datang mayoritas merupakan warga Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan). Namun tidak sedikit juga pendaki yang berasal dari luar daerah.

"Mayoritas sih dari Ciayumajakuning, tapi ada juga yang dari luar seperti Jabodetabek khususnya Jakarta, Bandung dan daerah lain," lanjutnya.

Ia juga mengatakan di masa pandemi ini proses pendaftaran pendaki dilakukan dengan pemesanan online melalui website resmi Taman Nasional Gunung Ciremai. Selain itu, pendaki juga wajib melampirkan surat keterangan sehat dan beberapa persyaratan lain.

Sementara itu Sinta (19) salah seorang pendaki asal Kuningan mengungkapkan rasa bahagianya bisa kembali mendaki Gunung Ciremai bersama rekan-rekannya.

"Alhamdulliah bisa kembali naik, ini yang ketiga kali. Cuma pendakian kali ini memang lebih ketat prosedurnya, tapi kita ikuti aja," singkatnya.



Simak Video "Hilang Misterius di Gunung Guntur, Bocah Pendaki Ditemukan Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA