Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Mei 2021 13:02 WIB

TRAVEL NEWS

Ikon Batuan Galapagos, Darwin's Arch Runtuh Dimakan Erosi

Darwins Arch di Galapagos
Darwin's Arch saat masih berdiri (Foto: CNN)
Puerto Baquerizo Moreno -

Formasi batuan yang terkenal di Kepulauan Galapagos, Darwin's Arch atau Busur Darwin runtuh akibat erosi. Batuan yang populer di kalangan penyelam, fotografer, dan turis kapal pesiar itu dikabarkan runtuh oleh Kementerian Lingkungan dan Air Ekuador.

Foto-foto yang diunggah di media sosial oleh Akun Resmi Kementerian Lingkungan dan Air Ekuador menunjukkan puing-puing dari lengkungan terlihat di laut, sementara dua tiang penyangganya masih kokoh berdiri.

"Kami melaporkan bahwa Darwin's Arch yang ikonik telah runtuh. Peristiwa ini merupakan konsekuensi dari erosi alam. Darwin's Arch terbuat dari batu alam yang pernah menjadi bagian dari Pulau Darwin, yang tidak dibuka untuk kunjungan melalui darat," tulis kementerian Lingkungan dan Air Ekuador seperti dikutip dari CNN.

Situs ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk menyelam dan mengamati gerombolan hiu dan spesies lainnya. Batuan itu diberi nama dari ilmuwan Inggris Charles Darwin.

Kepulauan Galapagos merupakan bagian dari UNESCO World Heritage. Galapagos dikenal akan banyaknya hewan dan tumbuhan endemiknya yang unik-unik. Kepulauan Galapagos, dinyatakan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pertama pada tahun 1978, menjadi habitat flora dan fauna yang tidak terlihat di tempat lain di Bumi dan merupakan bagian dari cagar biosfer.

Salah satu operator tur, Aggressor Adventures yang tengah berada di sekitar lokasi menyaksikan keruntuhan Darwin's Arch.

"Sayangnya hari ini para tamu kami mengalami kejadian sekali dalam seumur hidup. Pagi ini pukul 11.20 am, waktu setempat, Darwin's Arch yang terkenal runtuh di hadapan kami. Batuan ini dikenal sebagai Pilar Evolusi. Kami akan kehilangan situs ikonik ini," ujar pengelola tur.



Simak Video "Disambut Alunan Marching Band di Bukit Dhodho Indah Kediri "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA