Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Mei 2021 13:51 WIB

TRAVEL NEWS

Pandemi Bikin Pembangunan Sagrada Familia Mundur 2 Dekade

Femi Diah
detikTravel
Sagrada Familia Basilica di Barcelona.
Sagrada Familia (Getty Images/iStockphoto/TomasSereda)
Barcelona -

Traveler bakal membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk melihat Sagrada Familia utuh. Gegara pandemi virus Corona, pembangunan membutuhkan waktu lebih panjang lagi sampai dua dekade.

Toko-toko suvenir, cafe, dan restoran yang ada di sekitar Sagrada Familia Spanyol sebagian besar tutup. Turis yang mengunjungi bangunan yang masuk situs warisan dunia UNESCO tersebut sangat sedikit, kontras dengan kerumunan pengunjung sebelum pandemi virus Corona melanda.

Sebelum pandemi, Sagrada Familia dikunjungi sekitar 4,5 juta orang dari 120 negara. Mayoritas pengunjung, sampai 90 persen, adalah turis asing.

Karena Covid-19 pula, Sagrada Familia ditutup sejak Oktober 2020.

Dewan pengelola basilika karya Antoni Gaudi tersebut berharap situasi akan segera berubah. Sagrada Familia akan dibuka kembali mulai 29 Mei 2021 seiring dilonggarkannya pembatasan perjalanan di Spanyol, sebagai negara yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia setelah Prancis sebelum pandemi Covid-19.

Spanyol memang terpukul parah oleh sepinya perjalanan internasional. Sagrada Familia pun harus menghadapi tantangan serupa, tidak ada turis.

Pendapatan dari pengunjung turun drastis, padahal tiket masuk pengunjung merupakan sumber utama pembiayaan untuk penyelesaian bangunan. Sampai-sampai diputuskan untuk menghentikan pekerjaan konstruksi selama sembilan bulan.

"Kami memperkirakan pekerjaan itu akan selesai pada 2026. Sayangnya, itu jadi tidak mungkin," kata direktur jenderal Sagrada Familia, Xavier Martinez, kepada Reuters dalam kunjungan ke basilika, tempat Gaudi bekerja dari tahun 1883 hingga wafat pada tahun 1926.

"Bisa jadi pada 2030, 2035, 2040. Saya mungkin berbohong jika saya mengira-ngira tanggal pembukaannya," dia menambahkan.

Dia juga bilang butuh waktu untuk memulihkan tingkat pendapatan setelah pandemi Corona agar konstruksi bisa pulih kembali.

Kendati tidak yakin soal waktu penyelesaian Sagrada Familia, dia optimistis bangunan bergaya modernist dengan 18 menara itu bakal selesai. Dia juga percaya diri pariwisata Barcelona mulai tumbuh pada paruh kedua tahun ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Basilica De La Sagrada Familia"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT