Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Mei 2021 23:04 WIB

TRAVEL NEWS

Rupa Gerhana Bulan dari Dieng, Nih

Uje Hartono
detikTravel
Pengamatan gerhana bulan total oleh BMKG Banjarnegara
Foto: BMKG Banjarnegara
Banjarnegara -

Fenomena alam gerhana bulan total atau disebut juga super blood moon terjadi hari ini, Rabu (26/5/2021) petang. Seperti apa penampakannya dari Dieng?

Pengamatan gerhana bulan total dari Dieng itu dilakukan oleh Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara. Tepatnya, pengamatan dilakukan dari kompleks Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie menjelaskan gerhana bulan total terjadi ketika posisi matahari dan bumi sejajar. Adapun bulan berada dekat di titik terdekat dengan bumi atau disebut perigee.

"Saat ini terjadi gerhana bulan total atau juga disebut super blood moon. Kami melakukan pemantauan langsung dari dataran tinggi Dieng, tepatnya di komplek Candi Arjuna," ujarnya kepada detikcom melalui sambungan telepon, Rabu (26/5/2021).

Pengamatan gerhana bulan total oleh BMKG BanjarnegaraPengamatan gerhana bulan total oleh BMKG Banjarnegara Foto: BMKG Banjarnegara

Ia mengatakan dalam pemantauan dengan menggunakan teleskop astronomi gerhana bulan total ini sempat tidak terlihat pada fase awal yakni pukul 18.09 WIB, dan puncak gerhana pada pukul 18.18 WIB.

"Pada fase awal dan fase puncak ini justru gerhana bulan total ini tidak terlihat karena tertutup awan. Namun pada akhir fase sebagian sudah terlihat dengan jelas," kata dia.

Menurutnya, bulan terlihat putih lantaran udara di dataran tinggi Dieng relatif jernih. Sebaliknya, bulan akan terlihat merah jika partikel udara di sekitar tempat pengamatan polusi.

"Ini terlihat putih karena udara di Dieng ini kan jernih, dan udaranya tidak berpolusi. Partikel udara yang berpolusi ini yang menyebabkan bulan terlihat merah," terangnya.

Pemantauan gerhana bulan total masih terus dilakukan tim dari Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara hingga akhir fase penumbra pada pukul 20.51 WIB.



Simak Video "Pemantauan Gerhana Bulan Total di Pantai Ancol"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA