Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Mei 2021 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! Pendaki Perempuan Ini Pecahkan Rekor Tercepat Mendaki Everest

Syanti Mustika
detikTravel
Tsang Yin-hung, 45, pendaki perempuan Hong Kong yang sukses catat rekor pendakian tercepat Gunung Everest di antara pendaki putri. Dia cuma membutuhkan waktu 25 jam dan 50 menit (AP Photo/Bikram Rai)
Tsang Yin-hung, 45, pendaki perempuan Hong Kong yang sukses catat rekor pendakian tercepat Gunung Everest di antara pendaki putri. Dia cuma membutuhkan waktu 25 jam dan 50 menit (AP Photo/Bikram Rai)
Kathmandu -

Pendaki perempuan asal Hong Kong ini patut diacungi jempol. Dia memecahkan rekor pendakian tercepat Gunung Everest oleh pendaki perempuan.

Pendaki asal Hong Kong ini bernama Tsang Yin-hung. Dia mencatat rekor pendakian tercepat di dunia ke Gunung Everest di antara pendaki perempuan.

Dirangkum detikTravel, Senin (31/5/2021) Tsang, 44 tahun, mendaki gunung setinggi 8.848,86 mdpl itu dengan catatan waktu kurang dari 26 jam. Detailnya, 25 jam dan 50 menit pada hari Minggu (23/5).

"Dia meninggalkan base camp pada pukul 13.20 pada hari Sabtu (22/5) dan mencapai (puncak) pada pukul 15.10 keesokan harinya," kata petugas penghubung pemerintah base camp Everest Gyanendra Shrestha seperti dikutip dari AFP.

Tapi, pencapaian Tsang di Gunung Evrest itu belum tercatat di dalam Guinness World Records. Tsang harus datang sendiri ke Guinness World Records dan menyatakan prestasinya itu untuk mendapatkan sertifikat pengakuan rekor dunia.

Hingga saat ini Tsang belum memberikan pernyataan apapun soal rekor ini. Dia dan tim ekspedisinya sekarang sedang dalam perjalanan ke Kathmandu.

Ini bukanlah pendakian pertama Tsang ke puncak Gunung Everest dan bikin rekor baru. Pada 2017, Tsang menjadi wanita Hong Kong pertama yang mencapai puncak Gunung Everest. Pencapaian itu ditorehkannya dalam pendakian ketiga ke atap dunia.

Sebelumnya, wanita tercepat yang menaklukkan Everest berasal Nepal, Phunjo Jhangmu Lama. Dia menyelesaikan pendakian dalam kurun waktu 39 jam 6 menit.

Sekedar informasi untuk kamu yang suka mendaki gunung, Nepal telah mengeluarkan 408 izin pendakian Gunung Everest untuk musim pendakian ini setelah musim tahun lalu dibatalkan karena pandemi. Tercatat telah ada 350 pendaki sejauh musim semi ini.

Sejauh ini ada dua tim yang membatalkan rencana ekspedisi setelah beberapa anggota tim dinyatakan positif Corona di base camp.



Simak Video " Dua Orang Ini Cetak Rekor Pendakian Gunung Everest"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA