Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Jun 2021 17:00 WIB

TRAVEL NEWS

Peringati Hari Pancasila, Komunitas Sepeda Gunung Kulon Progo Gelar Upacara di Puncak Bukit

Peringati Hari Pancasila, Komunitas Sepeda Gunung Kulon Progo Gelar Upacara di Puncak Bukit
Foto: Jalu Rahman Dewantara / detikcom
Kulon Progo -

Para pecinta sepeda gunung atau Mountain Bike (MTB) di Kulon Progo, DIY punya cara tersendiri dalam memperingati hari lahir Pancasila, yakni dengan menggelar upacara bendera di kawasan Perbukitan Menoreh

Lokasi upacara dipusatkan di Destinasi Wisata Canting Mas Puncak Dipowono, Kalurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kulon Progo, Selasa (1/6/2021). Mengenakan kostum sepeda komplit dengan helm, dan tentunya sepeda jenis MTB, para goweser nampak khidmat mengikuti kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini diikuti kurang lebih 50 anggota pecinta MTB di Kulon Progo dari berbagai komunitas, tujuannya untuk memupuk jiwa Pancasila, saling menghargai di antara anggota antar komunitas, maupun dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat," kata Koordinator Acara, George Paijo.

Sebelum upacara, para pecinta MTB ini berkumpul di Depan Komplek Pemkab Kulon Progo. Kemudian mereka bersepeda bersama-sama menuju lokasi acara yang berjarak sekitar 9 km dari titik kumpul.

Peringati Hari Pancasila, Komunitas Sepeda Gunung Kulon Progo Gelar Upacara di Puncak BukitPeringati Hari Pancasila, Komunitas Sepeda Gunung Kulon Progo Gelar Upacara di Puncak Bukit Foto: Jalu Rahman Dewantara / detikcom

Paijo menjelaskan upacara ini merupakan yang kedua kalinya dihelat oleh pecinta MTB Kulon Progo. Sebelumnya mereka mengadakan upacara 17 Agustus saat hari Kemerdekaan lalu.

Paijo berharap dengan hari jadi Pancasila ini masyarakat semakin paham tentang nilai-nilai luhur Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. "Ini penting untuk terjaganya kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia," pungkasnya.

Melui kegiatan ini, pecinta MTB Kulon Progo juga berupaya mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kulon Progo. Terlebih destinasi yang kerap dijadikan rute bersepeda seperti Canting Mas Puncak Dipowono, Kali Biru, Pile Payung dan sekitarnya.

Salah satu penggemar MTB Muh Zuhdi Malik mengaku sangat antusias ikut upacara ini. Dia berharap kegiatan ini bisa digelar rutin setiap tahunnya demi memupuk rasa kebangsaan masyarakat utamanya pecinta sepeda. "Harapannya sih bisa rutin ya, jadi rasa cinta tanah air dapat terjaga," ucap Malik.



Simak Video "Kisah Mbah Waluyo Tinggal 10 Tahun di TPU Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA