Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Jun 2021 13:11 WIB

TRAVEL NEWS

Penjelasan Wings Air Soal Insiden Pesawat Rusak Rute Fak-Fak ke Sorong

Pesawat ATR Wings Air
Foto: Ilustrasi Wings Air (Dikhy Sasra/detikcom)
Sorong -

Wings Air memberikan penjelasan soal insiden kerusakan pesawat mereka dengan rute Fak-fak menuju ke Sorong. Pesawat mengalami kerusakan di bagian kelistrikan.

Maskapai Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1513, seharusnya dijadwalkan melayani rute Bandara Torea Fak-Fak, (FKQ) menuju Bandara Dominie Eduard Osok, Sorong (SOQ) pada Rabu (26/5) pekan lalu.

Namun pesawat tersebut ternyata mengalami masalah. Pesawat dijadwalkan berangkat pada pukul 09.50 WIT (Waktu Indonesia Timur). Semula penerbangan IW-1513 telah dipersiapkan dengan baik.

Sebelum keberangkatan, pesawat sudah menjalani rangkaian pemeriksaan lebih awal (pre flight check) dan dinyatakan laik untuk beroperasi (airworthiness and safety for flight).

Saat proses penumpang masuk ke pesawat udara (boarding), pilot bersama teknisi tetap mempersiapkan rencana penerbangan. Sesuai prosedur, pilot melakukan pengecekan ulang pada pesawat.

Dalam pemeriksaan itu, ditemukan ada indikator dalam kokpit yang harus dilakukan pemeriksaan pada bagian sistem pembangkit tenaga listrik (sumber tenaga listrik pada pesawat).

Untuk memastikan keselamatan, Wings Air menunda keberangkatan dikarenakan pesawat harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut serta akan mendatangkan komponen pengganti cadangan (spare part).

Wings Air menegaskan, posisi pesawat masih berada di landas parkir (apron), tidak sedang bersiap untuk lepas landas. Wings Air pun meminta kepada seluruh penumpang untuk kembali ke ruang tunggu guna mendapatkan penanganan dan pelayanan lebih lanjut. Ada 64 orang penumpang dan empat awak pesawat dalam penerbangan tersebut.

Penerbangan pesawat IW-1513 akhirnya mengalami penundaan dan akan diberangkatkan pada hari berikutnya Kamis (27/5). Wings Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Wings Air memberikan solusi kepada penumpang yang akan melakukan proses pengembalian dana tiket (refund) atau perubahan jadwal keberangkatan (reschedule).



Simak Video "Wings Air Batalkan 2 Rute Penerbangan di NTT"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA