Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Jun 2021 16:47 WIB

TRAVEL NEWS

Kabin Double Decker-Kapsul Digadang Jadi Masa Depan Penerbangan

Kabin pesawat Crystal Cabin Awards
Kapsul di atas kursi pesawat ekonomi(Foto: CNN)
Jakarta -

Inovasi kabin pesawat masih terus berlangsung. Kini ada konsep kabin double decker hingga kapsul tidur di atas kursi ekonomi yang digadang menjadi pemain utama masa depan penerbangan.

Memang, pandemi masih menjadi tembok penghalang yang belum bisa ditembus oleh penerbangan internasional. Diberitakan CNN, pandemi menunda penghargaan Crystal Cabin Awards 2020.

Tahun ini penghargaan itu menyusutkan delapan kategori utama menjadi dua saja, yakni pilihan juri dan penerbangan aman. Konsep kabin double decker hingga kursi bak kompartemen termasuk di dalamnya.

Salah satu konsep kabin pesawat yang paling menarik dalam daftar pilihan juri adalah Proyek Kursi Ekonomi Chaise Longue. Mereka membuat kursi dua tingkat.

Desain ini dibuat oleh mahasiswa Alejandro Núñez Vicente (21) yang berasal dari Spanyol. Ia belajar di TU Delft University di Belanda.

Núñez Vicente mengatakan bahwa pengalamannya bepergian melintasi Eropa di kelas ekonomi yang jadi inspirasi konsep tersebut. Ia jenuh dengan kurangnya ruang kaki dan menyadari bahwa mengangkat baris kursi di depan akan menyelesaikan masalah.

Kabin pesawat Crystal Cabin AwardsKabin pesawat double decker Crystal Cabin Awards (Foto: CNN)

Kabin pesawat double decker

Desainnya kabin pesawat double decker yakni menghilangkan kompartemen bagasi di atas kepala. Proyeknya itu memungkinkan lebih banyak ruang di kabin untuk kursi tingkat yang lebih tinggi dan sebaliknya, bagasi disimpan di kompartemen di bawah kursi.

Núñez Vicente menganggap desain ini akan bekerja dengan baik di pesawat Flying-V, yang saat ini sedang dikembangkan di TU Delft. Tapi dia mengatakan konsep itu juga bisa diimplementasikan di Boeing 747, Airbus A330 atau pesawat sedang hingga besar lainnya.

Núñez Vicente mengatakan bahwa dia mengambil ide yang sudah didiskusikan oleh tim yang mengerjakan proyek Flying-V dan membawa visinya sendiri ke konsep itu.

Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman kabin pesawat multi-level yang menawarkan sesuatu yang menarik bagi wisatawan yang duduk di kedua tingkat.

Desain kursi kabin double decker juga menawarkan lebih banyak ruang untuk berbaring. Ada pula sandaran punggung yang dapat disesuaikan dan sandaran leher yang dapat dipasang untuk kenyamanan lebih lanjut.

Kelas ekonomi saat memang terbatas pada satu posisi berbaring dan menghalangi pengguna merasakan pengalaman penerbangan yang nyaman dan santai. Konsep kabin double decker cocok dengan masa pandemi karena memiliki ketinggian yang berbeda.

Potongan kursi kabin pesawat double decker dirancang agar mudah dipindahkan. Ini memungkinkan pesawat komersial bisa dengan mudah diubah menjadi kargo.

Chaise Longue bukan satu-satunya desain yang menawarkan konfigurasi tempat duduk bertingkat yang telah diakui oleh Crystal Cabin Awards tahun ini.

Kabin pesawat Crystal Cabin AwardsKabin kapsul pesawat Crystal Cabin Awards (Foto: CNN)

Ruang tidur di atas kursi

Ada lagi konsep CLOUD CAPSULE Toyota Boshoku. Mereka membuat area di atas kursi ekonomi sebagai ruang tambahan bagi penumpang untuk istirahat begitu pesawat mencapai ketinggian jelajah.

Menurut sebuah pernyataan dari perusahaan Jepang, desain kabin pesawat ini membuat perjalanan kelas ekonomi lebih aman, lebih menyenangkan dan lebih nyaman, sekaligus menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi maskapai.

Idenya adalah penumpang dapat membeli tiket kursi ekonomi reguler. Kemudian, sebagai tambahan, mereka bisa membeli tiket akses ke CLOUD CAPSULE yang oleh Toyota Boshoku disebut ruang serbaguna bak kursi kelas bisnis.

Kapsul di kabin pesawat ini menawarkan privasi tak terduga di kabin ekonomi yang padat. Traveler juga dapat mengatur suhu kabinnya sendiri, mau panas atau lebih dingin.



Simak Video "Penampakan Pesawat Kargo yang Tergelincir di Bandara Yuvai"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA