Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Jun 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Enggak Mau Ribet, Dubai Bakal Pakai Paspor Vaksin Digital

bonauli
detikTravel
Dubai, United Arab Emirates - March 29, 2019: General view of Dubai International Airport Terminal 3 in Dubai, United Arab Emirates. It is the worlds busiest airport by international passenger traffic.
Ilustrasi Bandara Internasional Dubai (iStock)
Dubai -

Penerapan paspor vaksin untuk traveler semakin santer dibicarakan. Tak mau kalah, Dubai pun akan ikut menggunakannya.

Di tengah pandemi, perjalanan udara terus memberi inovasi agar tetap beroperasi. Mulai dari tes uji Covid-19 sampai pelayanan nirkabel diperbarui agar meminimalisir kontak saat bepergian.

Banyak negara juga mulai melakukan program vaksin untuk warga negaranya. Bahkan menjadikan vaksin sebagai syarat untuk masuk ke suatu negara.

Begitu pula dengan Dubai. Salah satu kota Uni Emirat Arab (UEA) ini tak bisa lepas dari pariwisata. Berbagai strategi dijalankan untuk mendorong perjalanan turis ke Dubai.

Kepala Bandara Internasional Dubai, Paul Griffiths, mengatakan akan mencoba metode paspor vaksin digital. Tujuan untuk mempermudah perjalanan wisatawan di bandara.

Paspor vaksin digital akan memberikan data mengenai vaksin yang dilakukan oleh wisatawan. Sehingga aman untuk melakukan perjalanan.

"Sistem digital itu seharusnya memungkinkan orang untuk bepergian tanpa masalah di bandara karena tentu saja, pengujian berfungsi tetapi itu membutuhkan kapasitas yang cukup besar untuk pengujian di area kedatangan," katanya dalam sebuah wawancara sebagaimana dikutip Arab News.

Griffiths juga mengatakan bahwa paspor vaksin tidak memerlukan pemeriksaan fisik, sehingga lebih efisien.

"Paspor vaksin dalam pandangan saya adalah satu-satunya cara untuk sampai ke mobilitas normal," dia mneambahkan.

Selain paspor vaksin digital, Griffiths mengharapkan agar UEA memiliki banyak koridor perjalanan bebas karantina. Pasar yang disasar adalah Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Sebelumnya bulan April lalu maskapai penerbangan terbesar yang berbasis di bandara itu, Emirates, telah melakukan penerbangan yang diisi penumpang dan kru yang seluruhnya sudah divaksinasi. Penerbangan itu menggunakan pesawat Airbus A380 yang diisi 400 penumpang

Untuk menunjang hal ini, Emirates juga sudah menyiapkan sistem check-in nirsentuh sehingga penumpang bisa langsung melakukan boarding dan check-in tanpa mengeluarkan dokumen dan bersentuhan dengan beberapa objek lain.



Simak Video "Jepang Gunakan Paspor Vaksin untuk Perjalanan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA