Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Jun 2021 14:42 WIB

TRAVEL NEWS

Vaksinasi Sambil Piknik Digelar di Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Vaksinasi Drive Thru di Klenteng Sam Poo Kong Semarang
Foto: Angling Aditya Purbaya/detikcom
Semarang -

Vaksinasi terus dikebut salah satunya dengan inovasi drive thru. Di Kota Semarang, untuk menarik warga, vaksinasi digelar di salah satu tempat wisata favorit Klenteng Sam Poo Kong.

Vaksinasi di Sam Poo Kong digelar mulai hari ini dan diikuti baik dengan drive thru dan walk in. Sasarannya yaitu pra lansia, lansia, pegiat transportasi, dan pegiat wisata.

"Jadi target kita ini untuk pegiat wisata, pra lansia, pelaku wisata dan pelaku transportasi," kata Sekda Kota Semarang, Iswar Amminudin saat meninjau vaksinasi di Sam Poo Kong, Senin (7/6/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan rencananya vaksinasi di Sam Poo Kong digelar dua bulan dengan rincian satu bulan untuk suntikan pertama dan bulan berikutnya suntikan kedua. Targetnya perhari bisa memberikan 500 suntikan.

"Harapannya sehari bisa 500an berlangsung selama 1 bulan, yang kedua nanti sebulan berikutnya," kata Hakam.

Ia menjelaskan dari data miliknya penderitaan COVID-19 terbanyak ada di usia 50 tahun ke atas. Karena belum masuk kelompok lansia yang sudah lebih dulu jadi prioritas vaksinasi, maka saat ini Pemkot Semarang juga melakukan vaksin terhadap pra lansia, termasuk yang digelar di Sam Poo Kong.

"Harapannya cakupannya untuk 50 tahun ke atas bisa lebih banyak, pelaku wisata dan ekonomi bisa lebih banyak lagi termasuk, pelaku transportasi massal, semua tervaksinasi," ujarnya.

Pembina Yayasan Klenteng Agung Sam Poo Kong, Mulyadi Setiakusuma mengatakan mengapresiasi kegiatan vaksinasi di tempatnya. Selain pegiat wisata yang mendapat vaksin, hal ini juga bisa memicu kunjungan wisata namun tetap dengan prokes.

"Sangat baik dan apresiasi Pemerintah Kota Semarang dan Dinas Kesehatan karena pelaku wisata dapat vaksinasi," kata Mulyadi.

"Ini untuk yang divaksin (masuk) gratis. Kalau lansia ada pendamping satu boleh. Untuk wisatawan biasa tetap (bayar)," imbuhnya.

Dari pantauan di lokasi, proses vaksinasi baik secara drive thru atau walk in berjalan lancar. Untuk kendaraan baik motor maupun mobil yang pengemudi atau penumpangnya sudah terdaftar masuk ke tenda penyuntikan drive thru dekat Patung Panglima Cheng Ho. Sedangkan untuk Walk In ada di salah satu bangunan.

Salah satu penerima vaksin yaitu driver ojek online, Aprilianto mengatakan senang karena mendapat kesempatan divaksin karena dia bertemu dengan banyak pelanggan tiap harinya.

"Penting banget ini, jadi bisa kasih kepercayaan dan rasa nyaman untuk pelanggannya," ujar Aprilianto.

Sementara itu VP Regional Operations Excellence Public Policy and Government Relations Gojek, Muhammad Chairil mengatakan setiap hari akan ada sekitar 200 mitra Gojek yang mendapatkan vaksin, nantinya dalam aplikasi akan ada keterangan driver yang sudah divaksin.

"Ada ribuan yang ikut program ini. Kita diberi slot 200-300 vaksin tiap harinya. Kita ingin vaksin menyenangkan maka pilih di Sam Poo Kong," kata Chairil.



Simak Video "Kejar Target PTM, FKKMK UGM Gelar Vaksinasi Drive Thru untuk Pelajar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA