Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Jun 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Tahu? Ini Urutan Negara Terbesar dan Terluas di Dunia

Danau Baikal
Danau Baikal di Rusia (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Mungkin tak banyak yang tahu perihal urutan negara terbesar dan terluas di dunia. Biar paham, simak dulu artikel berikut.

Di seluruh dunia, ada setidaknya 200 negara yang masing-masing punya luas wilayah yang beragam. Hanya di antara semuanya, hanya ada satu negara terbesar dan terluas di dunia.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021), Rusia adalah negara yang menempati daftar terbesar dan terluas di dunia saat ini. Diketahui, Rusia memiliki luas hingga 17.125.200 Km persegi.

Russian Navy band performs during the Spasskaya Tower military music festival in front of the Cathedral of Russian Armed Forces in Kubinka, outside Moscow, Russia, Sunday, Sept. 6, 2020. Due to coronavirus, the annual international music festival in Red Square was canceled, an online festival without spectators took place Sunday on the Cathedral Square in Patriot Park, outside Moscow. (AP Photo/Pavel Golovkin)Ilustrasi Rusia (AP/Pavel Golovkin)

Bahkan jika ditelisik, luas Rusia itu mencakup seperdelapan dari luas bumi. Teknisnya, Rusia membentang pada 41° sampai 82° N lintang utara dan 19° bujur timur sampai 169° bujur barat.

Fakta menarik lainnya, Rusia juga berbatasan dengan 14 negara karena memiliki luas yang terbilang fantastis. Luar biasa bukan?

Setelah Rusia, Kanada menjadi negara kedua yang terbesar dan terluas di dunia. Memiliki luas 9,984,670 km persegi, Kanada terbagi dalam 10 provinsi dan 3 teritori.

Tak hanya luas, Kanada juga memiliki garis pantai yang panjang dari pada negara lain yaitu 202.080 kilometer. Meski berwilayah luas, Kanada merupakan salah satu negara dengan kepadatan penduduk terendah di dunia.

Kemudian di peringkat ketiga ada Amerika Serikat yang memiliki luas 9.826.675 km persegi, disusul oleh China di peringkat keempat dengan luas 9.596.961 km persegi.

Terakhir di peringkat kelima negara terbesar dan terluas di dunia, ada Brasil dengan luas 8.515.767 km persegi. Selain itu Brasil juga memiliki banyak hutan hujan terbesar di dunia, salah satunya adalah Amazon.

Itulah daftar negara terbesar dan terluas di dunia. Indonesia sendiri tercatat sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, tapi tak masuk ke daftar 10 negara terbesar dan terluas di dunia.



Simak Video "Panas! China Tuduh AS Sebagai 'Peretas Nomor 1 Dunia'"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA