Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Jun 2021 13:53 WIB

TRAVEL NEWS

Persiapan Pembukaan Pariwisata Bali untuk Wisman Capai 90 Persen

Sui Suadnyana
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) bersama Gubernur Bali Wayan Koster (putih) dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace)
Sandiaga Uno (dok Kemenparekraf)
Jakarta -

Pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara (wisman) ditargetkan pada Juli mendatang. Persiapan tersebut kini sudah mencapai antara 85 sampai 90 persen.

"Ya kita terus siapkan (pembukaan Bali untuk wisman). Sekarang kita mencapai angka 85 (sampai) 90 persen," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam rekaman audio yang diterima detikcom, Sabtu (12/6/2021).

Sandiaga mengatakan, angka tersebut kini terus bergerak. Namun kesiapannya bisa turun dan naik bergantung pada keseriusan untuk menghadirkan berbagai prakondisi yang sudah ditentukan.

"Dan yang paling kita garis bawahi adalah situasi COVID-19 di Provinsi Bali sendiri yang hari ini menunjukkan suatu perkembangan yang menggembirakan," kata dia.

"Semenjak 22 Mei, kasus COVID-19 bisa ditekan dibawah 100 per hari itu merupakan suatu yang kita perlu beri penghargaan khusus, kita perlu beri apresiasi, suatu capaian yang perlu kita beri apresiasi," imbuh Sandiaga.

Sandiaga menuturkan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi persiapan pembukaan pariwisata Bali untuk wisman. Rapat koordinasi ini mengawali berbagai tahap akhir dari penyiapan yang terus dilakukan secara holistik dan konprehensif.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Sandiaga menyebut semuanya optimis untuk membuka Bali pada Juli mendatang. Meskipun proses ini membutuhkan waktu yang sangat panjang dan melibatkan begitu banyak pihak.

"Nuansa tadi rakor semuanya optimis, semuanya merasakan motivasi yang besar karena sudah lima kuartal Bali ini ekonomi terkontraksi secara luar biasa dan ada jendela (atau) peluang karena angka COVID-19 di Bali berhasil ditekan dan proses vaksinasi bisa terus digencarkan," jelasnya.

Nantinya, Sandiaga bakal mengajukan ujicoba penerimaan wisman ke Bali. Ujicoba rencananya bakal menggunakan pesawat charter. Negara yang menjadi ujicoba masih dalam proses finalisasi.



Simak Video "Bali Dihantam Pandemi Corona, Lalu-lalang Wisatawan Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA