Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Jun 2021 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Rp 6 T Dana Testing Corona Buat Insentif PCR-Antigen Wisatawan?

Warga Dusun Kendal, Bangunkerto, Turi, Sleman, Yogyakarta, dites swab antigen secara massal. Tes swab dilakukan setelah 14 kepala keluarga di dusun tersebut positif COVID-19.
Tes Swab PCR atau Antigen Corona (Foto: PIUS ERLANGGA/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sedang mengupayakan dana testing Corona nasional buat insentif tes PCR-antigen wisatawan. Sudah ada permintaan dari beberapa pemerintah daerah.

Dana testing Corona yang dimaksud oleh Sandi ada di pos Kementerian Kesehatan. Triliunan rupiah masih mengendap di sana.

"Kami melihat ada beberapa permintaan dari pemda hingga pelaku pariwisata. Karena seperti yang kita kupas bahwa ada dana testing dan dana yang belum terserap," ujar Sandi dalam temu wartawan, Senin (14/6/2021).

Sandi ingin mengalokasikan dana testing Corona nasional ini ke destinasi wisata hingga pemerintah kabupaten. Tujuannya serupa, yakni agar bisa meningkatkan tes Corona dan mengendalikannya jika banyak wisatawan yang berkunjung.

"Dan bisa kita alihkan ke destinasi maupun provinsi dan untuk pemerintah kabupaten kota agar bisa meningkatkan pengendalian Covid-19. Dan kita harapkan ekonomi bangkit dan pariwisata pulih kembali," dia menjelaskan.

Menyoal seberapa banyak dana testing Corona nasional yang belum digunakan, Sandi menyebut masih ada sekitar Rp 6 triliun. Karena, anggaran yang terserap kurang dari 10%.

"Sekitar Rp 6 triliun tapi di bawah 5 persen terserapnya padahal sekarang sudah bulan Juni. Jadi kita punya kesempatan untuk memperluas dana Rp 6 triliun untuk digunakan di destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif," kata Sandi.

"(Dana testing Corona) Ini untuk peningkatan dari pemulihan ekonomi dan harapan dengan peningkatan testing ini kita bisa lebih menekan Covid-19," dia menambahkan.



Simak Video "Testing Covid-19 Tak Capai Target 324 Ribu, Berikut Penjelasan Satgas"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA