Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jun 2021 09:34 WIB

TRAVEL NEWS

Aurel Hermansyah Petik Edelweis Sampai Gunung Kerinci yang Mistis

Tim
detikTravel
Jakarta -

Aurel Hermansyah dikritik karena memetik bunga edelweis. Sementara itu Gunung Kerinci 'dilihat' paling ramai oleh pendaki indigo.

Dalam unggahannya, Aurel sedang menggenggam bunga edelweis. Padahal bunga edelweis atau Anaphalis javanica dilindungi dan dilarang untuk dipetik.

"Selamat pagiii semuaa.. pas kemarin di Bromo di kasih Bunga Edelweiss sm suami.. katanya ini bunga keabadian," Aurel menuliskan dalam akun Instagram miliknya.

Unggahan itu pun menuai kritik dari netizen. Warganet menyebut sebaiknya Aurel tidak perlu mencabut bunga tersebut.

"Ya Allah sayang bantet itu bunga dipetik," ungkap akun alu****.

"Bukannya bunga edelweis dilindungi ya??? Kok si Atta bisa ngambil edelweis sebanyak itu sih apakah tidak masalah memetik bunga yang dilindungi? Mohon pencerahannya," akun lain menimpali.

Ashanty dan Anang Hermansyah menyebut Aurel tidak mengetahui kalau bunga itu dilindungi. Soal kritik yang menghantam Aurel, mereka optimistis sang putri mampu menghadapi.

"Aurel cukup kuat karena dari kecil sudah melewati itu semua dan sekarang dia sudah sama Atta, saya yakin mereka bisa saling menguatkan. Aku tuh yakin mereka tidak ada maksud tapi ketidaktahuan mereka," ujar Ashanty.

"Yang disampaikan bunda sudah jelas yang penting sabar, apa pun kita tidak sempurna kalau ada kesalahan minta maaf, itu aja," Anang menimpali.

Merujuk Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pasal 33 ayat (1) dan (2). Bunyinya,"Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional."

Nah, merujuk lokasi plesiran Aurel, dia dan suaminya Atta Halilintar berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Selain itu, bunga edelweis juga tidak boleh dipetik seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Bagi siapa saja yang sengaja memetik bunga edelweis, sesuai UU No.5 tahun 1990 Pasal 40 ayat 2, maka akan dipidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp 200 juta rupiah.

Kemudian berita selanjutnya datang dari Gunung Kerinci. Gunung Kerinci ternyata juga memiliki cerita mistis yang dialami pendaki. Ada beberapa tempat yang dianggap menyeramkan di kawasan pendakian tersebut.

"Pohon bolong nggak boleh foto dan berhenti lama di situ dan di shelter dua kalau bisa jangan camping, tapi banyak juga pendaki yang camping di shelter dua kalau rame rame, tapi kalau dalam grup kecil usahakan tidak camping di shelter 2," kata pemandu Pendakian Kerinci, Yuda Kharsana.

Seorang pendaki indigo bahkan mengakui bahwa Gunung Kerinci 'paling ramai' akan makhluk gaib dibandingkan dengan gunung lain. Untuk itu pendaki diharapkan memperhatikan apa saja yang tidak boleh dilakukan selama pendakian.

Berikut 10 berita terpopuler detikTravel:

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA