Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jun 2021 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Welcome on Board! Jewel Changi Airport Kembali Dibuka

bonauli
detikTravel
Air Mancur Jewel Changi Singapura
Jewel Changi (Randy/detikcom)
Singapura -

Jewel Changi Airport sempat ditutup karena kluster Covid-19. Kini Air terjun raksasa itu akan dibuka kembali.

Jewel Changi Airport sudah dibuka kembali sejak 14 Juni 2021. Keputusan ini diambil karena Singapura sudah membuka lockdown secara bertahap, seperti yang dilansir dari The Straits Times.

Meski dibuka, protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat di setiap sudut Bandara Changi. Pembukaan Jewel Changi merupakan langkah awal Singapura untuk menyambut penerbangan internasional.

Untuk menekan lonjakan kasus seperti yang sudah-sudah, pengelola bandara telah memisahkan 14.000 staf ke dalam tiga zona risiko Covid-19. Tindakan ini diharapkan akan meminimalisir penularan Covid-19.

Contohnya saja zona berisiko tinggi. Zona ini akan dibuat khusus untuk melayani penumpang yang datang dari luar negeri.

Sehingga penumpang yang keluar masuk tidak memiliki akses untuk berbaur. Penumpang juga tidak diperbolehan untuk berkomunikasi atau berkerumun, lho!

Selain itu, otoritas Singapura juga membatasi akses di Bandara. Kini Hanya pemegang tiket dan pekerja penting saja yang boleh ada di bandara.

Sebelumnya kluster Changi Airport terjadi terdeteksi pada seorang berumur 88 tahun yang bekerja sebagai pekerja kebersihan di Terminal 3 Bandara Changi. Dia dipekerjakan di Bandara Changi oleh Ramky Cleantech Services. Pekerja tersebut sebelumnya sudah divaksinasi dan dinyatakan positif pada 5 Mei lalu.

Tumbuhnya kasus ini memaksa otoritas penerbangan sipil Singapura dan Bandara Changi menutup bandara Changi selama 2 minggu dari 13 Mei sampai 26 Mei.

Masyarakat Singapura yang kebetulan datang ke Bandara Changi dari tanggal 1 Mei, diminta untuk mengikuti tes COVID-19 secara gratis di tempat pengetesan yang ditunjuk pemerintah.

Gara-gara munculnya klaster baru di Bandara Changi, Singapura memutuskan untuk melakukan lockdown di negaranya mulai 16 Mei sampai pertengahan Juni. Warga Singapura dilarang untuk makan di restoran dan mengadakan pertemuan lebih dari dua orang.



Simak Video "Cegah Penularan Omicron, Singapura Perketat Tes PCR di Bandara"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA