Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jun 2021 13:42 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Lembang Bandung Ditutup, Pengunjung Mau Tidak Mau Balik Kanan

Wishnu Pradana
detikTravel
Farm House Lembang
Farm House Lembang tutup.(Wishnu Pradana/detikTravel)
Bandung -

Penutupan objek wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), sejak Rabu (16/6/2021) hingga tujuh hari ke depan nyatanya belum diketahui oleh semua wisatawan. Mau tidak mau mereka balik kanan.

Untuk memutus rantai penularan virus Corona, Jabar memutuskan untuk menutup tempat wisata. Tapi rupanya masih banyak wisatawan yang datang ke objek wisata.

Mengetahui tempat wisata tutup, para pengunjung yang kadung sampai di lokasi kecewa berat. Salah satunya Rika Soraya (47), pengunjung asal Cirebon, Jawa Barat.

Rika baru mengetahui objek wisata di Lembang ditutup. Rika dan keluarganya berangkat dari Cirebon sekitar pukul 05.00 WIB demi berwisata.

"Baru sampai pagi ini, ternyata wisatanya ditutup. Ya jelas kecewa tapi mau gimana lagi. Sepertinya jalan-jalan dulu ke Bandung lalu pulang lagi," ujar Rika kepada detikcom, Kamis (17/6/2021).

Wisatawan lainnya, yakni Putra Sanjaya (50), asal Jakarta. Dirinya terpaksa balik kanan lagi lantaran mendapati objek wisata di Lembang ditutup semua. Ia sudah berada di Bandung sejak dua hari belakangan.

"Baru tahu itu tadi pagi, lihat di televisi. Saya penasaran coba ngecek langsung ternyata iya memang ditutup," kata Putra.

Farm House LembangFarm House Lembang tutup, wisatawan kecewa. Foto: Wishnu Pradana/detikTravel

Kendati kecewa, Putra memahami kebijakan dari pemerintah untuk menutup objek wisata. Apalagi, saat ini Bandung Barat masuk zona merah penularan COVID-19.

"Kecewa ya pasti, tapi ini kan demi kebaikan kita juga jadi harus dipatuhi. Apalagi kan tadi di berita juga beberapa daerah di Bandung Barat ini zona merah, jadi mudah-mudahan kasusnya bisa segera turun," kata Putra.

Sementara berdasarkan pantauan detikcom, sejumlah objek wisata di kawasan wisata Lembang tak ada yang beroperasi salah satunya The Great Asia Africa. Pengelola terlihat hanya melakukan kegiatan bersih-bersih, sementara semua bagian di dalam objek wisata itu tertutup rapat tanpa seorang pengunjung pun.

Sebelumnya, Pemkab Bandung Barat sudah mengeluarkan surat edaran Surat Edaran Nomor 556/1559-Disparbud tentang Penutupan Destinasi/Objek Wisata di Kabupaten Bandung Barat terhitung sejak 16 Juni hingga 22 Juni mendatang.

Farm House LembangFarm House Lembang tutup. Foto: Wishnu Pradana/detikTravel

"Aktivitas destinasi atau objek wisata Bandung agar ditutup sementara kegiatan usahanya mulai tanggal 16 Juni sampai dengan 22 Juni dan akan dievaluasi dalam pelaksanannya," bunyi salah satu poin dalam surat edaran yang diterima.

Namun, penutupan tersebut hanya berlaku untuk tempat rekreasi. Sementara sektor lainnya seperti hotel, resort, penginapan, restoran, rumah makan, hingga kafe tetap boleh beroperasi namun dengan pembatasan kapasitas maksimal 50 persen.

Khusus jam operasional restoran, kafe, serta rumah makan dibatasi hingga pukul 21.00 WIB. Dalam surat edaran itu masyarakat diingatkan pula agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3M secara ketat dan menciptakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).



Simak Video "Pesona Dreamland Cicalengka: Tempat Wisata Alam yang Islami"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA