Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Jun 2021 19:20 WIB

TRAVEL NEWS

Kaum Bumi Datar Harus Baca! Kisah Pertama Kali Ditemukan Jarak Bumi-Matahari

Hari Suroto
detikTravel
Planet 3 matahari
Foto: Ilustrasi (NASA)
Jayapura -

Sebelum tahun 1769, belum diketahui jarak bumi dengan matahari. Jarak antara Bumi-Matahari baru diketahui pada tanggal 31 Juni 1769. Seperti apa kisahnya?

Kisah ini bermula pada 1768, ketika para ilmuwan Inggris yang bergabung dalam Royal Society di London, mencoba untuk menyelidiki berapa jauh jarak Matahari dari Bumi?

Pada saat itu, mereka tahu bahwa pada 31 Juni 1769, planet Venus akan melewati Bumi dan Matahari. Jika mereka dapat menghitung kecepatannya, maka mereka akan dapat pula menghitung jarak Matahari dari Bumi.

Namun, hal yang paling sulit dilakukan adalah, bahwa peristiwa yang akan terjadi itu hanya dapat dilihat di Tahiti, sebuah pulau di Pasifik selatan, yang sekarang ini dikenal sebagai French Polynesia.

Orang yang sanggup serta yang berani melakukan ekspedisi ke Tahiti ialah James Cook, letnan Angkatan Laut Inggris. Pada musim semi tahun 1768, berlayarlah Letnan James Cook bersama dengan 95 orang lainnya menuju Pasifik Selatan.

Setelah tiba di Rio de Janeiro, mereka ditahan selama satu bulan, karena gubernur Portugis di Rio de Janeiro tidak mempercayai ekspedisi yang dilakukan James Cook.

Tidak mungkin orang berlayar begitu jauh hanya untuk melihat planet Venus, gubernur Portugis itu menganggap James Cook dan teman-temannya sudah gila.

Setelah mereka dibebaskan, kemudian melanjutkan perjalanan melewati Tanjung Horn, tanjung yang berada di paling ujung selatan benua Amerika.

Setelah berlayar selama 8,5 bulan, tibalah James Cook di Pulau Tahiti yang pantainya berpasir putih dengan ditumbuhi pohon kelapa.

Setelah mendarat, dipasanglah tenda serta alat teropong bintang. Keesokan harinya, pagi-pagi benar, nampaklah Planet Venus, lalu mereka mencatat waktu dan kecepatannya yang akhirnya diketahui jarak bumi dan matahari adalah 92, 95 juta mil atau 149, 6 juta kilometer.


---
Artikel ini dibuat oleh Hari Suroto dari Balai Arkeologi Papua dan diubah seperlunya oleh redaksi.



Simak Video "Permasalahan Pelik dibalik Kemegahan Batavia, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA