Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Jun 2021 17:02 WIB

TRAVEL NEWS

5 Sisi Lain Wisata Kawin Kontrak di Kampung Arab Cianjur

Sejumlah pertokoan khas Arab nampak sepi, Rabu, (15/6/2021). Kawasan Cipanas-Cianjur yang lekat dengan kawin kontrak dan turis Timur Tengah kini terlihat sepi.
Salah satu sudut pertokoan Kampung Arab di Cipanas, Cianjur (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

4. Isi toko suvenir khas Arab di Cianjur

Kunjungan turis Arab ke Cipanas, Cianjur begitu melekat ke segala aspek. Toko suvenir juga kelontong di sana pun beradaptasi dengan keberadaan mereka.

Adaptasi itu bisa dilihat dari tulisan plang toko yang berhuruf Arab hingga jualannya pun khas Arab. Turis Arab yang datang ke Cipanas biasanya untuk berwisata terselubung, kawin kontrak.

Dalam kesempatan ini, tim detikcom bertemu dengan pemilik toko Lestari Al-Zahira. Ia menampik bahwa tokonya itu memang spesial buat orang-orang Arab tapi lebih ke mencari peluang yang ada saat itu.

Memang, saat kami tiba di lokasi, ada satu dua orang Arab yang mengunjungi toko khas Arab ini. Dilihat dari luar, toko khas Arab ini menjual sisha hingga vas khas asbak kesukaan orang Arab.

Meski pemilik menampik tokonya khusus turis Arab, namun dagangannya identik dan khas dengan huruf Arab. Karena, ada begitu banyak merk internasional yang tujuan impor ke Arab dan ada di toko ini.

5. Sopir travel pelaku kawin kontrak tiada orderan lagi

Ketiadaan turis Arab, yang bukan rahasia lagi kebanyakan adalah pelaku kawin kontrak, di Cianjur berimbas signifikan terhadap sopir mobil travel. Mereka menjerit karena tak ada lagi pelanggan.

Mereka yang mengantar para turis Arab itu berkeliling ke mana saja sesuai pesanan, mulai dari berbelanja sampai berlibur. Begini penuturan dia pada tim detikcom.

Salah satu yang menjadi sopir adalah Agus. Selain sopir, ia juga menjadi penghubung calo kawin kontrak, menghubungkan si turis dengan pengantin wanita hingga wali si pengantin sejak tahun 2013.

Biasanya, Agus bakal menjemput turis Arab itu dari Bandara Soekarno Hatta. Dia menggunakan mobil sewaan untuk operasional.

Agus menambahkan bahwa mobil-mobil yang digunakan untuk menjemput turis Arab ini adalah mobil sewaan yang biasanya telah disewa dari rental selama sebulan atau mingguan. Karena, harga yang ditawarkan akan lebih murah bila menyewa dalam waktu jangka panjang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Menteri PPPA Akan Keluarkan Peraturan Larangan Kawin Kontrak"
[Gambas:Video 20detik]

(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA