Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Jun 2021 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

Rayakan Ulang Tahun Jakarta ke-494, Ondel-ondel Beraksi di Dalam Air!

Ondel-ondel under water
Foto: Ondel-ondel under water (Taman Impian Jaya Ancol)
Jakarta -

Pas ulang tahun DKI Jakarta, pas ondel-ondel ini tampil tidak biasa. Ondel-ondel ini menyelam.

Warga Jakarta tentu tak asing dengan ondel-ondel. Jika dulu digunakan sebagai penolak bala, kini ondel-ondel kerap ditemui masyarakat di berbagai acara adat Betawi.

Tapi, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Jakarta ke-494, masyarakat bisa melihat ondel-ondel di tempat tak biasa, yaitu menyelam di dalam. Tepatnya di akuarium besar di Ocean Dream Samudra Taman Impian Jaya Ancol.

Uniknya, aksi ondel-ondel itu tidak hanya bisa ditonton secara langsung, tapi traveler juga bisa melihat secara daring.

Menurut Vice President Tirta Taman Impian Jaya Ancol, Rika Sudranto, hadirnya pertunjukan ondel-ondel dalam air adalah salah satu cara untuk memperingati ulang tahun Jakarta ke 494. Bertambahnya usia Ibu Kota Jakarta diharapkan semakin membawa keberkahan dan juga kesejahteraan bagi warganya.

"Hadirnya penampilan unik Ondel-ondel dalam air sebagai upaya meningkatkan awareness dan pesan moral terhadap kearifan lokal serta keseimbangan alam tetap harus terjaga dengan baik. Tidak kalah penting di dalamnya juga terdapat pesan untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar kita dapat sama-sama melewati pandemi dengan selamat," kata Rika.

Pertunjukan Ondel-ondel under water melibatkan empat orang penyelam dan dua orang ballerina air. Traveler bisa menyaksikannya pada tanggal 22, 26, dan 27 Juni 2021 pukul 12.30 dan 14.30.

Sepasang ondel-ondel laki-laki dan perempuan dengan diameter 120 cm dan tinggi 230/240 cm akan menyelam di akuarium under water teater Ocean Dream Samudra Ancol. Dalam acara ini, Manajemen Ancol mendapat dukungan dari Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB).

Pertunjukan secara online bisa traveler saksikan melalui akun instagram resmi @ancoltamanimpian dan channel Youtube Ancol Taman Impian, sedangkan pertunjukan secara langsung akan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung.



Simak Video "Pengunjung Kecewa Gegara Ancol Tutup, Ini Kata Pengelola"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA