Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Jun 2021 22:12 WIB

TRAVEL NEWS

Karya Seni Rp 432 Miliar Raib dari Stasiun TV, Karyawan Dicurigai

Hotel megah dengan interior mewah mungkin hal yang biasa. Tapi hotel yang miliki galeri seni bisa jadi pengalaman baru buat wisatawan.
Foto: Ilustrasi (dok.Vendue Hotel)
Roma -

Karya seni senilai USD 30 juta (setara Rp 432 miliar) raib dari stasiun TV Rai di Italia. Seorang karyawan dicurigai sebagai pelakunya.

Stasiun TV publik Italia, Rai punya koleksi karya seni yang sangat tak ternilai harganya. Karya seni berupa lukisan hingga patung ini diletakkan begitu saja di dinding ruangan dan juga koridor gedung.

Namun tak disangka, karya seni itu justru mengundang niat jahat dari salah seorang karyawan mereka. Dia diduga mencuri lukisan hingga patung di gedung kantor pusat Rai di Roma sejak tahun 1970-an!

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (24/6/2021), tindak pencurian ini bisa terbongkar berawal dari sebuah insiden yang terjadi beberapa bulan lalu. Sebuah lukisan dengan judul Architectura karya Ottone Rosai terjatuh dari dinding.

Lukisan tersebut mengalami kerusakan. Saat diteliti, dari bingkai lukisan yang patah, baru diketahui bahwa lukisan tersebut bukanlah lukisan asli, melainkan hanya tiruannya saja.

Insiden itu pun dilaporkan ke kepolisian seni Italia. Setelah dilakukan penyelidikan, dugaan mengerucut ke sebuah nama, yaitu seorang karyawan Rai yang telah pensiun.

Dia mengaku telah mencuri sebuah lukisan dari kantor Rai dan menjualnya seharga 25 juta Lira pada tahun 1970-an. Namun begitu dilakukan penyelidikan lebih lanjut, polisi menduga tidak hanya satu lukisan saja yang dia curi.

Rai pun melakukan inventarisasi terhadap katalog karya seni yang mereka miliki yang dibeli di era tahun 1960-an dan 1970-an. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan.

Selanjutnya: Ada Ratusan Karya Seni yang Hilang

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menjadi Model Lukis Seniman Bali"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA