Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Jun 2021 18:42 WIB

TRAVEL NEWS

Pesan Sandiaga ke Homestay Sekitar Borobudur: Jangan Perang Harga!

Eko Susanto
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno di homestay Magelang
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu pemilik homestay di Borobudur (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Menparekraf Sandiaga Uno berpesan kepada para pengelola homestay di sekitar Candi Borobudur agar jangan saling perang harga.

Sandiaga malah mengharapkan para pengelola homestay agar bisa saling memahami bahwa homestay yang berada di sebelahnya ada untuk membangkitan pariwisata.

"Kalau harga, saya berikan instruksi jangan perang harga. Pokoknya jangan bersaing, teman-teman kita ini sebelah (pemilik homestay) ini bukan menjadi pesaing, tapi adalah teman-teman untuk membangkitkan pariwisata. Sepakati harga yang pantas dan patuhi. Yang kita perlombakan adalah kualitas dari pelayanannya," kata Sandiaga kepada wartawan di Balkondes Tuksongo Borobudur usai menghadiri 'Pelatihan usaha pariwisata berbasis klaster di destinasi super prioritas nasional Borobudur', Rabu (23/6/2021).

Sandiaga Uno pun berharap, para pengelola homestay jangan sampai membanting harga. Jika hal tersebut dilakukan nantinya akan mematikan atau sebaliknya justru menaikan harga. Harga homestay disesuaikan dengan standar yang ada.

"Jangan sampai kita banting harga dan akhirnya ini akan mematikan atau berlomba-lomba menaikkan harga, juga jangan seperti itu. Biarkan sesuai dengan standar yang sudah disampaikan. Tuksongo cantik, nanti Bojong juga seperti ini, kita harapkan kebangkitan dari pariwisata ini adalah di desa-desa wisata," tuturnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Baparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya menambahkan, dalam pelatihan memberikan keterampilan kepada pengelola homestay.

"Dalam pelatihan ini, kita mencoba memberikan keterampilan kepada pengelola homestay dengan memperhatikan beberapa variabel di dalam bagaimana cara mempresentasikan produk agar menarik sehingga bisa menggugah keinginan dan kebutuhan dari para wisman atau wisnus yang berkunjung ke homestay," ujarnya.

Kemenparekraf sendiri akan melengkapi fasilitas homestay yang dibangun pemerintah di sekitar destinasi super prioritas Candi Borobudur. Kelengkapan fasilitas ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi PUPR yang membangun, nanti Parekraf melalui pendekatan kolaborasi akan membantu Pak Sahir dan Pak Hadi (pemilik homestay) untuk kelengkapan-kelengkapan dari homestaynya termasuk juga peningkatan pengelolaan dan kemampuan pengelolaan," pungkas Sandiaga Uno.



Simak Video "Siap Gelar World Superbike, Pemerintah: Semua Atlet Harus Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA