Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Jun 2021 20:42 WIB

TRAVEL NEWS

Ikut PPKM Mikro, Jakarta Aquarium Tutup Sementara

Pekerja menjemur serval (Leptailurus serval) atau kucing liar Afrika sebagai bagian dari perawatan satwa saat Jakarta Aquarium dan Safari (JAQS) tutup untuk sementara di Jakarta, Jumat (25/6/2021). Meski JAQS tutup sementara saat PPKM Skala Mikro di Jakarta, pengelola tetap melakukan perawatan satwa-satwa koleksinya dan membersihkan ruangan secara berkala sesuai protokol pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Jakarta -

Tak sedikit tempat wisata yang tutup sementara di masa Penguatan PPKM Mikro Jakarta. Termasuk Jakarta Aquarium dan Safari atau JAQS.

Dikutip detikTravel dari siaran persnya, Jumat (25/6/2021), mulai Kamis 24 Juni 2021 Jakarta Aquarium & Safari akan tutup sementara hingga waktu yang ditentukan nanti. Hal itu dilakukan JAQS dalam rangka mendukung peraturan pemerintah, salah satunya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Hanya walau tutup sementara, JAQS tetap menjalankan peran sebagai lembaga konservasi ex-situ (Taman Safari Indonesia Group) dan berada di bawah pengawasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Kami tetap menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dalam merawat 3.500 spesies satwa yang berada di naungan kami. Baru-baru ini bahkan JAQS bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dan Yayasan Puteri Indonesia melepasliarkan penyu dan tukik-tukik sebagai wujud tanggung jawab kami sebagai sebuah lembaga konservasi yang peduli terhadap pelestarian satwa dan lingkungan," ujar Fira Basuki, head of Social, Branding and Communication JAQS.

Sejumlah kegiatan pemeliharaan fauna tetap dilakukan, seperti menjemur binturong dan lainnya. Di satu sisi, seluruh bagian JAQS juga ikut didesinfektan demi keamanan bersama.

Namun, tak semua bagian dari JAQS tutup. Restoran Pingoo yang menghadirkan atraksi penguin tetap buka mengikuti jadwal buka Mall Neo Soho, yaitu pukul 10.00 WIB - 20.00 WIB dengan kapasitas 25% serta protokol kesehatan yang sangat ketat.

Hanya terkait penutupan JAQS untuk sementara waktu, Fira juga belum dapat memastikan kapan tempat konservasi itu dibuka kembali. Ada kemungkinan kalau akan mengikuti masa Penguatan PPKM Mikro Jakarta hingga 5 Juli 2021 mendatang.

"5 Juli, ngikutin PPKM Mikro so far," kata dia.

Selain JAQS, sejumlah objek wisata populer lain seperti Ragunan hingga Taman Impian Jaya Ancol juga ikut tutup sementara di tengah PPKM Mikro Jakarta.



Simak Video "Intip Keseruan Perayaan HUT ke-76 RI Bersama Putri Duyung"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA