Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Jun 2021 15:19 WIB

TRAVEL NEWS

Orang Australia di Antartika Punya Tradisi Unik: Berenang di Air Es

Orang Australia berenang di Antartika
Foto: Berenang di air es (dok. Istimewa)
Antartika -

Para peneliti dari Australia yang berada di Antartika punya tradisi tahunan unik. Mereka akan berenang setengah telanjang di air bersuhu minus. Brrr!

Orang-orang Australia yang bermukim di Antartika punya tradisi unik yang digelar setiap tahun. Tepat di hari dimana matahari berada di jarak terjauhnya dengan bumi, mereka akan berenang di dalam air dengan suhu minus 0 derajat celcius.

Ada kurang lebih 86 orang peneliti dan petualang dari Australia yang berada di Antartika. Mereka bekerja di 3 stasiun penelitian di Antartika. Semuanya tampak bergembira melaksanakan tradisi Winter Solstice ini.

"Di waktu ini, di Stasiun Penelitian Casey, matahari hanya muncul selama 2,5 jam saja, yang mana akan jadi tantangan bagi tim kami yang terdiri dari 27 orang. Setelah kami melewati Winter Solstice di tanggal 21 Juni, matahari akan mulai naik lebih tinggi di angkasa dan kami akan mulai melihat lebih banyak hari terang," jelas Kyle Williams, Kepala Stasiun Penelitian Casey, dikutip dari 9News, Jumat (25/6/2021).

Stasiun Penelitian Casey masih lebih beruntung dibandingkan dengan 2 stasiun penelitian lain, yaitu Stasiun Penelitian Mawson dan Davis. Mereka sekarang hidup dalam kegelapan yang konstan, tidak akan ada sinar mentari untuk beberapa minggu ke depan.

"Sudah jadi tradisi pertengahan musim dingin di Stasiun Penelitian Australia adalah berenang di air es. Kami membuat kolam berukuran 1,5 meter persegi dengan memotong lapisan es setebal 80 cm menggunakan gergaji. Suhu air di sini mencapai -2 derajat celcius, sementara suhu udaranya -9 derajat, bikin menggigil!" kata Williams.

Orang Australia berenang di AntartikaOrang Australia berenang di Antartika Foto: (dok. Istimewa)

Meski sangat dingin, tapi itu justru tidak menyurutkan kegembiraan dan semangat orang-orang Australia ini. Mereka terlihat enjoy dan happy-happy saja berenang di air es Antartika.

Namun perlu diingat, kegiatan berenang di air es tersebut mendapat pengawasan ketat dari petugas medis. Perlengkapan keamanan pun disiapkan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Simak Video "Studi: Rabun Jauh Pada Anak Meningkat Selama Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA