Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Jul 2021 20:31 WIB

TRAVEL NEWS

PPKM Darurat, Ratusan Wisatawan Bandel Mantai di Gunungkidul

Satgas COVID-19 Kabupaten Gunungkidul saat membubarkan ratusan wisatawan di Pantai Pulang Sawal Gunungkidul.
Satgas COVID-19 Kabupaten Gunungkidul saat membubarkan ratusan wisatawan di Pantai Pulang Sawal Gunungkidul. (Dok. Humas Pemkab Gunungkidul)
Gunungkidul -

Ratusan wisatawan mengunjungi Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul di hari pertama PPKM Darurat. Satgas Covid-19 bertindak.

Wisata Yogyakarta tutup selama PPKM Darurat mulai 3 Juli. Tapi, rupanya pengunjung membandel dengan tetap mendatangi pantai-pantai di Gunungkidul, termasuk Pantai Pulang Sawal.

Plt Kepala Satpol PP Gunungkidul Heri Sukaswadi menyebut Satgas COVID-19 yang sedang berpatroli mendapati beberapa bus yang terparkir di kawasan Pantai Pulang Sawal.

"Tadi ada tujuh bus yang terparkir di kawasan Pantai Pulang Sawal. Karena ini PPKM Darurat, tim gabungan langsung meminta rombongan wisatawan itu untuk pergi (dari kawasan Pantai Pulang Sawal)," kata Heri saat dihubungi wartawan, Sabtu (3/7/2021).

Menyoal bagaimana ratusan wisatawan itu bisa masuk ke kawasan Pantai tersebut, Heri menyebut jika para wisatawan sudah berada di pantai sejak Jumat (2/7/2021).

"Dari pengakuan mereka datang sejak kemarin Jumat dan kebetulan kemarin kan belum ditetapkan kebijakan penutupan," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan telah menutup akses masuk ke kawasan pantai Selatan Gunungkidul sejak pukul 00.00 WIB. Oleh sebab itu, rombongan wisatawan yang dibubarkan Satgas COVID-19 Kabupaten kemungkinan telah di pantai sejak kemarin.

"Penutupan total sudah dilakukan sejak pukul 00.00 WIB, jadi kemungkinan masuknya tadi malam atau kemarin siang," kata dia.

Selain itu, dia melakukan sosialisasi penutupan kawasan wisata di Gunungkidul mulai 3 sampai 20 Juli 2021. Tak hanya itu, Hary menyebut telah melakukan berkoordinasi dengan kelurahan di Gunungkidul yang memiliki destinasi wisata pantai untuk melakukan penjagaan saat malam hari.

"Yang jelas koordinasi dengan berbagai pihak sudah dilakukan, kita akan jaga terus (di pintu masuk tempat wisata pantai) dan mudah-mudahan tidak terjadi lagi ke depannya," kata Hary



Simak Video "Tim SAR Temukan Jenazah Anggota Polisi Yang Jatuh di Tebing Pantai Grendan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA