Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Jul 2021 09:03 WIB

TRAVEL NEWS

Dispar Bantul Pastikan Wisata Beroperasi Usai PPKM Darurat Berakhir

Inkana Putri
detikTravel
Dispar Bantul Pastikan Wisata Beroperasi Usai PPKM Darurat Berakhir
Foto: Dok. Pemkab Bantul
Jakarta -

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan pihaknya akan tetap memfasilitasi para wisatawan usai PPKM Darurat berakhir. Dia menegaskan pihaknya juga akan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

"Bagi pemerintah Bantul, sektor pariwisata ini kan salah satu penggerak utama ekonomi. Kami tentu tetap memfasilitasi pelaku wisata beroperasi setelah PPKM Darurat, selama protokol kesehatan dijalankan. Tapi kalau mengabaikan protokol kesehatan, tentu akan kami evaluasi. Jadi tidak boleh main-main di masa pendemi ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/7/2021).

Bantul memang terkenal dengan berbagai wisatanya, salah satunya Puncak Sosok yang berada di puncak perbukitan Dusun Jambon, Kelurahan Bawuran, Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul.

Selain menawarkan keindahan sunset, Puncak Sosok juga menghadirkan pertunjukan musik di malam hari. Tak heran wisata ini banyak dikunjungi oleh muda-mudi, meski hanya untuk duduk melihat senja. Bahkan saat sore, Puncak Sosok biasanya akan mulai ramai dengan pengunjung.

Dispar Bantul Pastikan Wisata Beroperasi Usai PPKM Darurat BerakhirFoto: Dok. Pemkab Bantul

Untuk menuju ke Puncak Sosok, terdapat rute dengan beberapa tanjakan yang dapat dilalui kendaraan roda empat. Adapun rute ini merupakan satu arah dari kawasan Segoroyoso Pleret.

Meski menanjak, jalan ini ternyata menjadi favorit para pesepeda untuk berpetualang sambil berwisata. Namun, wisatawan lebih banyak menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat.

Tiba di wisata Puncak Sosok, pengunjung umumnya akan langsung berburu spot swafoto instagramable berlatar panorama alam. Selain itu, momen senja juga menjadi momen favorit wisatawan

Selain swafoto, pengunjung juga dapat mencicipi wisata kuliner di deretan warung yang berjejer mulai dari nasi kucing, gorengan, jagung bakar dan aneka makanan minuman tradisional. Ragam jajanan ini tentu dapat menjadi teman melihat sunset dan menikmati live music.

Dispar Bantul Pastikan Wisata Beroperasi Usai PPKM Darurat BerakhirFoto: Dok. Pemkab Bantul

Puncak Sosok memang menyuguhkan banyak keindahan bagi wisatawan. Selepas senja, panggung pun akan mulai diisi oleh penampilan para band dengan pertunjukan musiknya. Digelar setiap hari kecuali hari Kamis, pengunjung bahkan dapat ikut naik ke panggung dan bernyanyi diiringi band pengisi.

Tak hanya itu, keindahan panorama kerlip lampu Kota Yogyakarta pun dapat terlihat dari Puncak Sosok. Keindahan ini pun turut dirasakan oleh salah satu pengunjung yang sengaja datang sebelum PPKM Darurat, Widya Anjarsari.

"Asyiknya di sini, kalau sore kan bisa foto-foto. Bagus kan pemandangannya. Apalagi pas Sunset gitu. Nggak bosenin karena malamnya ada live music dan pemandangan lampu-lampu kota itu kan bagus banget. Romantis deh kali di sini," kata Widya.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Puncak Sosok, pengelola wisata juga menyediakan camping ground. Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati hawa sejuk dan keindahan sunrise.

Guna mencegah penyebaran COVID-19, pengelola juga menyediakan fasilitas sesuai protokol kesehatan.

"Di masa pandemi ini kami menyediakan fasilitas cuci tangan dan alat pengukur suhu. Dan tentu saja, wisatawan harus taat protokol kesehatan. Ketaatan wisatawan ini juga sebagai perlindungan terhadap kami sebagai pelaku wisata agar jangan sampai obyek ditutup karena menjadi penyebar COVID-19," pungkas Ketua Pokdarwis Jabal Kelor yang menaungi Destinasi Wisata Puncak Sosok, Rudi Haryanto.

Sebagai informasi, Puncak Sosok berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh sekitar 30 menit. Dari pusat kota, wisatawan hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah selatan melewati Jalan Imogiri Timur.

Wisatawan akan melintasi kawasan Jejeran yang terdapat sentra Kuliner Sate Klathak. Kuliner khas Bantul ini dapat dinikmati sebelum menuju destinasi wisata atau selepasnya karena buka hingga lepas tengah malam.

Wisatawan yang ingin menjelajahi wisata Bantul usai PPKM Darurat berakhir dapat mengunduh aplikasi JELAJAH BANTUL melalui PlayStore. Namun, pastikan untuk tetap menjaga prokes dengan menjalani 5M. Wisatawan juga dapat menggunakan aplikasi QUAT untuk pembayaran non tunai demi meminimalisir kontak.

(ads/ads)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA