Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Jul 2021 17:35 WIB

TRAVEL NEWS

PPKM Darurat, Kuta Bali Mati Suri

Putu Intan
detikTravel
Pecalang atau petugas keamanan adat Bali memasang pembatas jalan untuk menutup pintu masuk kawasan wisata Pantai Kuta di Badung, Bali, Sabtu (3/7/2021). Destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut ditutup sementara selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021 untuk menekan angka penyebaran kasus pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Pantai Kuta ditutup selama PPKM Darurat (Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta -

Kawasan Kuta yang dulu jadi primadona wisatawan kini sunyi senyap bak kota mati. Kuta ditinggalkan pelaku wisata dan turis di masa PPKM Darurat.

Pemerintah pusat memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat mulai 3-20 Juli 2021 guna menekan pertambahan kasus COVID-19. Kebijakan ini berimbas pada sektor pariwisata termasuk Kuta di Bali yang biasanya dipadati wisatawan.

Di hari pertama pemberlakuan PPKM, pembaca detikcom, Sabrina Hutajulu sempat memotret kondisi Pantai Kuta yang ditutup. Ia menuturkan, tak ada aktivitas wisata di sana. Semua toko juga tutup dan jalanan sangat lengang.

"Sebelum PPKM ramai orang-orang di sana. Ada penyewa papan selancar, tukang minuman, tenda-tenda untuk wisatawan, dan pedagang yang suka menjajakan gelang itu juga ada. Tapi kemarin (PPKM hari pertama) kosong sama sekali. Di Kuta betul-betul kosong. Nggak ada aktivitas di pantai," katanya saat dihubungi via telepon, Selasa (6/7/2021).

Salah satu spot favorit wisatawan di Kuta yaitu Beachwalk juga kini ditutup. Kondisinya begitu sepi, berbeda 180 derajat dengan sebelum pandemi yang biasanya dipadati wisatawan bahkan tak jarang orang-orang sulit mencari parkir.

"Sepi sekali di Kuta. Di Jalan Legian sepi sekali. Beachwalk tutup total, nggak dibuka sama sekali," tuturnya.

Sabrina mengatakan, kondisi Kuta saat PPKM Darurat ini begitu memprihatinkan. Pasalnya, sebelum PPKM Darurat pun wisata Bali belum pulih seperti kondisi normal. Soal program Work from Bali (WfB) yang kerap digaungkan juga tak begitu terasa di Kuta.

"Di Kuta betul-betul mati suri. Kosong semua. Tutup semua. Waktu WFB tidak terlalu terlihat Bali ramai. Biasa saja, nggak terlalu banyak wisatawan," ia mengungkapkan.



Simak Video "Pantai Kuta Dibuka Lagi, Pengunjung Wajib Vaksin 2 Kali!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA